HUJAN DISERTAI ANGIN KENCANG MENGAKIBATKAN POHON TUMBANG DAN LONGSOR DI MAGELANG

MAGELANG – Hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Kabupaten Magelang mengakibatkan puluhan rumah rusak ringan akibat diterjang angin dan pohon tumbang, Jumat (11/1/2019).

Tanah longsor juga terjadi di dua titik di Dusun Bebegan dan Kijingsari, Desa Jogomulyo, Kecamatan Tempuran menyebabkan dua rumah warga rusak ringan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto, mengatakan, hujan deras terjadi sedari siang menyebabkan bencana angin kencang di tiga kecamatan, yakni Salaman, Dukun, dan Borobudur.
Kurang lebih ada 14 titik bencana angin kencang di enam desa di Kecamatan Salaman, satu titik di satu desa di Kecamatan Borobudur dan empat titik di tiga desa di Kecamatan Dukun.

“Hujan terpantau intensitas sedang sampai lebat pada sore tadi. Hujan terjadi bersamaan dengan angin kencang menyebabkan banyak pohon bertumbangan dan merusak rumah warga di tiga kecamatan itu. Tanah longsor juga terjadi di dua titik di kecamatan Tempuran,” ujar Edy.

Edy mengatakan, total sebanyak 21 rumah rusak. Rinciannya, di Kecamatan Salaman, ada 17 Rumah rusak ringan, pohon roboh menutup akses jalan dan menimpa jaringan listrik.

Kemudian, di Kecamatan Borobudur, pohon roboh di Desa Candirejo menutup akses jalan dan menimpa jaringan listrik.
Di Kecamatan Dukun, dua rumah rusak ringan, dan pohon roboh menutup akses jalan dan menimpa jaringan listrik.

Terakhir di Kecamatan Tempuran dua rumah rusak ringan akibat tanah longsor yakni di Dusun Bebegan, Jogomulyo, Tempuran, satu rumah rusak ringan milik Tohirin; kemudian satu rumah warga di Dusun Kijingsari Wetan, Jogomulyo, Tempuran.

“Kami menghitung rumah yang rusak akibat kejadian ini ada sekitar 21 rumah warga. Kerusakan yang terjadi dalam skala ringan, akibat diterjang angin,
terkena pohon, hingga tergempur material longsor,” pungkas Edy.

BACA JUGA:  Tak Hanya Instansi Daerah, SAT RESNARKOBA Wonosobo Juga Sertijab

Artikel ini dikutip dari jogja.tribunnews.com dengan judul “21 Rumah Rusak Ringan Akibat Angin Kencang Dan Tanah di Magelang” yang ditulis oleh Rendika Ferri, link
http://jogja.tribunnews.com/2019/01/11/21-rumah-rusak-ringan-akibat-angin-kencang-dan-tanah-longsor-di-magelang?page=2

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.