HMPS PBA UNSIQ MENGIKUTI SEMARAK JAZIRAH ARAB DI BUMI SAHARA BANDUNG

Wonosobozone – Semarak jazirah arab adalah perlombaan tingkat nasional berbasis bahasa arab yang dilaksanakan setahun sekali. Sahara 2018 di laksanakan di uin sunan gunung djati bandung dari tanggal 4 sampai 8 maret. Acara tetersebut dibuka langsung oleh rektor uin bandung.

Acara yang bertema Reposisi Eksistensi bahasa arab sebagai pilar peradaban Islam itu diikuti oleh semua universitas di indonesia yang memiliki jurusan berbasis bahasa arab.

Universitas sains al quran jateng di wonosobo adalah satu-satunya kampus di jawa tengah yang mengirimkan delegasi di ajang perlombaan nasional tersebut.

Dari beberapa perlombaan, HMPS PBA UNSIQ mengikuti empat ajang perlombaan, yaitu lomba baca berita bahasa arab, pop arabic, esay bahasa arab dan puisi bahasa arab yang merupakan kelanjutan dari lomba pekan bahasa arab di kampus Unsiq.

“kita mengikuti event ini bertujuan untuk pengembangan minat bakat mahasiswa program pendidikn bahasa arab.” ujar ketua hmps PBA UNSIQ kepada wonowonosobo

“Sahara adalah wadah silaturohim dan juga penilaian seberapa kemampuan kita berkompeten di bahasa arab untuk lebih semangat berbahasa arab”. Tambahnya

“Rasa bangga bisa mengikuti acara sahara dan menjadi pengalaman luar biasa bisa mengikuti perlombaan bahasa arab tingkat nasional” ujar inas safitri virzatina selaku peserta Insya bahsa arab.

Didi mahasiswa UIN suka jogja selaku pengurus DPP Ithla di indonesia yang hadir pada kegiatan sahara berharap agar para peserta mampu memajukan bahasa arab.

” sepulang dari mengikuti sahara,  diharapkan para peserta mampu memiliki wacana baru dalam perkembangan bahasa arab di kampus masing-masing” harapnya.

Ayu rahmatika safira putri salah satu peserta lomba Pop Arab nasional mengaku senang dan beruntung dapat hadir mengikuti perlombaan sahara ini. Karena sangat menambah wawasan.

BACA JUGA:  Miliki Media Belajar Memadai, Siswa SMK N 1 Wadaslintang Diminta Tekuni Wirausaha

“kegiatan ini sangat memotivasi untuk lebih giat melatih maharoh berbahasa arab”, jelas Safira

“Semoga acara seperti ini bisa dilakukan setiap tahun untuk menambah eksistensi bahasa arab di bumi nusantara ” harap peserta puisi Sahara.

Kontributor: Ahmad NurkhaLim al aziz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here