HIPMI Wonosobo Launching Masjid Digital Pertama di Jateng

BPC Hipmi Wonosobo dan Masjid Al Anwar Gondang Watumalang, Melaunching Masjid Digital Pertama di Jawa Tengah

Ketua Hipmi Wonosobo, Choirul Anwar dan Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Perhimpunan Remaja Masjid ( Prima DMI ) Geni Isno Murti menginisiasi untuk pembentukan Masjid Digital.

Alhamdulillah pada 26 Maret 2019 Hipmi Wonosobo dan Masjid Al Anwar Gondang Watumalang melaunching “Masjid Digital Pertama di Jawa Tengah”.

Masjid Digital ini dilengkapi dengan Wifi sehingga menarik minat generasi muda untuk datang ke Masjid. 15 menit sebelum waktu sholat dan selama kegiatan mengaji atau kegiatan keagamaan lainnya wifi otomatis akan mati. Kata Mas Ahmad Riyanto, Ta’mir Masjid Digital Al Anwar.

Kegiatan lainnya di Masjid Digital yaitu ada pelatihan Desain Grafis, Web Desain, Fotografi dan Sosial Media Management.

Imbuhnya Hipmi Wonosobo dan Masjid Al Anwar menggandeng Diskominfo dan PT ASTA BRATA TEKNOLOGI untuk pelatihan Web Design dan sosial media management dan sistem Informasi lainnya.

Dan untuk memperkuat literasi tentang media sosial dan bahaya Hoax kami bekerjasama dengan MAFINDO Masyarakat Anti Fitnah Indonesia.

Mbak Astin Meiningsih selaku Koordinator MAFINDO Wonosobo menekankan tentang pentingnya konten positif dan menyeleksi informasi sebelum membagikannya. Istilahnya saring sebelum sharing.

Sedangkan Untuk Desain Grafis dan penggalian potensi lokal kami bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sub bidang Industri Kreatif.

Selain itu kami juga bekerjasama dengan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ untuk pengembangan Masjid Digital kedepan.

Bahwa program Masjid Digital ini sinergi dengan program Unsiq yaitu pemberdayaan masyarakat berbasis masjid, agar masjid dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat untuk memakmurkan masjid dan sebaliknya keberadaan masjidpun akan mampu memakmurkan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:  Galang Dana Swadaya, Paguyuban Sopir Angkutan Perbaiki 200 Meter Jalan Kabupaten

Bahwa Masjid sebagai pusat kegiatan positif dan produktif sangat penting keberadaannya di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Kami akan mendukung penuh kegiatan tersebut dan siap memberikan bimbingan, demikian sambutan dari Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ Muafani, ST, MT sekaligus melaunching Masjid Digital Al Anwar.

Diharapkan dengan adanya Masjid Digital ini, Generasi Muda menjadi lebih produktif dan positif dalam pergaulan sehari-hari.

Terbiasa untuk datang dan sholat berjamaah di Masjid. Orang tua juga tidak perlu khawatir lagi, karena anak-anaknya aktif berkegiatan di Masjid. Jadi mudah cari anak sekarang di masjid.

Bahwa perkembangan teknologi begitu cepat dan banyak hal yang telah berubah dan kita harus bisa menyesuaikan diri. Imbuh Choirul Anwar Bahwa yang akan memegang peranan besar adalah mereka yang sholih, sholih secara agama dan sholih secara keilmuan termasuk teknologi.

Mari kita sambut kemajuan ini dari lingkungan yang sangat positif, yaitu masjid. Demikian sambutan pengarahan dari KH. NURROHMAN selaku Pembina Masjid Al Anwar dan Ketua MUI Kecamatan Watumalang.

Masjid Digital merupakan realisasi dari Hipmi Goes to Masjid. Yaitu program dari Hipmi Wonosobo datang ke Masjid – Masjid di Kabupaten Wonosobo. Untuk pembinaan pemberdayaan Masjid Produktif.

Secara Terpisah Camat Watumalang, Iwan Widayanto juga mendukung penuh Program Masjid Digital ini. Ini menjadi terobosan baru di wilayah Wonosobo. Dan Mudah-mudahan kegiatan positif ini bisa dilakukan di masjid – masjid lain di wilayah Watumalang pada khususnya.

Perlu di ketahui bahwa Saat ini Masjid Digital Al Anwar sudah melaksanakan beberapa program, yaitu:

1. Wifi di sekitar Masjid

2. Lampu otomatis

3. Produk Kopi “Pereng Gantung”.

4. Penyedia Beras untuk warga sekitar

BACA JUGA:  Pemandian Tirta Terapi Desa Campursari Diminati Turis Mancanegara

5. Pengajian rebo Gaul

6. Pembinaan Pemuda produktif.

7. Merealisasikan laporan keuangan yang bisa di akses secara online.

8. Website masjidalwanwargondang.com realisasi kerjasama dengan PT. Asta Brata Teknologi

9. Menggunakan Media sosial untuk publikasi kegiatan Masjid.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan tokoh masyarakat, Ta’mir Masjid desa sekitar, dari KUA Kecamatan Watumalang, Ketua MUI Kecamatan Watumalang, Ketua ICMI Kecamatan Watumalang dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Watumalang.

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.