Hari Pertama UN SMP Lancar, 1 Siswa Kerjakan Soal di RS

WONOSOBOZONE – Ujian Nasional (UN) SMP hari pertama di Kabupaten Wonosobo berjalan lancar. Dari pemantauan yang dilakukan Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah di 9 sekolah di 7 Kecamatan, Senin (9/5), hampir seluruh siswa yang terdaftar sebagai peserta UN mengikuti ujian hari pertama. Hanya 1 siswa dari SMP Negeri 2 Wonosobo yang harus mengerjakan soal di Rumah Sakit, lantaran sehari sebelumnya mengalami kecelakaan lalu lintas.
Kepada Bupati Eko Purnomo, Kepala Sekolah SMP N 2 Wonosobo, Ellna Amperawati menjelaskan kebijakan UN tetap mewajibkan siswa yang sakit, sepanjang masih mampu untuk mengerjakan soal ujian didampingi pengawas di ruang perawatan. Ada 2 siswa yang terdaftar sebagai peserta ujian nasional namun akhirnya tidak bisa hadir di sekolah, yang 1 meninggal dunia karena kecelakaan beberapa waktu lalu, dan 1 lagi atas nama Sepma Nur Latifah terpaksa mengikuti ujian di RS, jelas Ellna.
Kelancaran gelaran UN SMP diapresiasi khusus oleh Bupati Wonosobo, Eko Purnomo. Ia yang memonitor jalannya UN di 2 sekolah lainnya, yaitu SMP N 2 Selomerto dan MTs Negeri Wonosobo mengaku bersyukur Ujian Nasional bisa berjalan sebagaimana mestinya. Terkait adanya siswa yang harus mengerjakan soal di Rumah Sakit, Eko berharap agar yang bersangkutan tak mengalami kendala berarti dalam menuntaskan soal-soal ujian. Tentu saya sangat berterimakasih kepada jajaran Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta seluruh SMP/MTs di Kabupaten Wonosobo, yang telah bekerja keras sehingga pelaksanaan UN pada hari ini lancar tanpa kendala berarti, tutur Bupati.
Kepada para pengawas ujian yang menunggui pelaksanaan UN, EKo juga berpesan agar mereka benar-benar menjalankan tugas pokok dengan melakukan pengawasan sebagaimana seharusnya. Siswa harus didorong agar percaya diri dan sportif serta tidak mempercayai adanya bocoran jawaban soal UN, pesan Bupati kepada salah satu pengawas.
UN SMP di Kabupaten Wonosobo, menurut Kadikbudpora, Samsul Maarif diikuti sekitar 12.450 siswa. Peserta UN yang terdaftar sebanyak 12.450 siswa dari 160 sekolah, termasuk di dalamnya  13 siswa SMP LB dan 434 siswa Paket B/Wustho, jelas Samsul di sela mendampingi Bupati memantau jalannya ujian.
Selama 4 hari ke depan, Samsul mengaku akan terus memantau jalannya UN SMP yang mewajibkan siswa mengerjakan 4 mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Harapan kami semua peserta UN mampu menyelesaikan soal-soal ujian dengan baik, dan sampai Kamis mendatang tidak ada gangguan maupun kendala berarti, pungkas Samsul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here