Hargai Pahlawan, Jaga Komitmen Bhineka Tunggal Ika

WONOSOBOZONE – Momentum peringatan Hari Pahlawan, yang jatuh pada setiap tanggal 10 November, bagi Dandim 0707/Wonosobo, Letkol CZI Dwi Hariyono merupakan saat yang tepat untuk meneguhkan kembali semangat membangun Bangsa dan Negara. Tak sekedar memperingati dengan seremoni semata, perwira alumni Akmil itu dengan tegas menyebut hari pahlawan selayaknya menggugah rasa Nasionalisme setiap Warga Negara. TNI, ditegaskan Dwi mewujudkan hal itu dengan komitmen kuat mendukung Pemerintah, menjaga kedaulatan Negara, serta mengawal Bhineka Tunggal Ika demi tegaknya NKRI.
Ditemui seusai memimpin tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wiropati, Kamis (10/11), Dwi menjelaskan perihal komitmen terhadap bangsa dan Negara, khususnya berkaitan dengan upaya menghargai jasa-jasa besar para Pahlawan. Bangsa yang besar, sebagaimana selalu didengungkan setiap 10 November adalah Bangsa yang mampu menghargai pahlawannya. Sebagai pribadi maupun aparat Negara, Dwi mengakui sangat setuju dengan ungkapan tersebut. Diakui atau tidak, Indonesia menurut Dwi saat ini tengah membutuhkan komitmen seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu, mengawal kemerdekaan yang merupakan hasil jerih payah dan cucuran darah para kusuma bangsa.
“Ditengah situasi yang cukup hangat ini, Negara membutuhkan dukungan agar tetap tegak, serta tak melupakan asas Bhineka Tunggal Ika nya,” tegas Dandim. Momentum Hari Pahlawan, menurut Dwi sangat indah dan tepat untuk mengingatkan kembali agar keberagaman maupun perbedaan yang ada di Indonesia, tak lantas memecah belah, namun justru menjadi modal berharga untuk menggapai kemajuan dan kemakmuran bangsa.
Sejalan dengan Dandim, Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo juga mengakui pentingnya seluruh warga masyarakat untuk senantiasa bersatu dan saling menjaga komitmen. “Filosofi hari Pahlawan adalah bagaimana kita bisa menjaga semangat Nasionalisme, meneladani sikap patriotisme para Pahlawan yang telah rela mengorbankan nyawa demi kemerdekaan,” tuturnya. Sebagaimana Dandim, Wabup juga berharap agar seluruh warga masyarakat Wonosobo, termasuk para pemuda nya semakin bersemangat membangun, dan mendukung pemerintah untuk memajukan daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here