HARGA ANJLOK, PEMKAB BANJARNEGARA ANJURKAN ASN BELI CABAI PETANI

BANJARNEGARA – Pemkab Banjarnegara menggelar Bursa Cabai di halaman Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperidagkop) dan UMKM Banjarnegara, sebagai tindak lanjut dari Instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) membeli cabai secara langsung dari petani.

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan para ASN ikut membantu para petani dengan membeli cabai. Diharapkan dengan kegiatan ini harga cabai nantinya bisa didorong ke arah yang menguntungkan bagi para petani.

“kegiatan tersebut juga untuk memotivasi para petani cabai agar tidak putus asa dan semakin giat mempersiapkan panen berikutnya,” kata Syamsudin, Jum’at (25/1/2019).

Persoalan harga cabe di tingkat petani turun hingga harga Rp.7.000 padahal harga dipasaran bisa mencapai Rp.20.000. Harga cabai turun disebabkan panen yang melimpah dan panen secara bersamaan. Untuk itu pentingnya zonasi komoditas sabagi upaya menjaga stabilitas harga dan petani tidak merugi.

Salah satu permasalahan yang dihadapi para petani saat ini adalah tentang penerapan teknologi pada bidang pertanian. Mayoritas petani masih menggunakan cara konvensional dalam bercocok tanam, padahal jika teknologi digunakan maka kualitas panen akan lebih melimpah dan biaya produksi bisa ditekan.

“Bursa cabai ini hanyalah penyelesaian sesaat. Diperlukan upaya permanen yang lebih terisistem. Mari kita wujudkan petani menjadi tuan rumah di tempatnya sendiri,” pungkas Syamsudin.

Artikel ini dikutip dari Instagram @kabupatenbanjarnegara dengan judul “ASN Banjarnegara Serbu Bursa Cabai”

BACA JUGA:  DESA KAPENCAR MENJADI KAMPUNG PANCASILA
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.