Hackathon MDK 3.0 Lawan Korupsi

WONOSOBOZONE – Setelah sukses dengan even Hackathon Merdeka pertama dan dalam proses final Hackathon ke 2 yang, Code4nation telah mengumumkan dimulainya pendaftaran untuk Hackathon ke 3. Gelaran yang menjadi ajang bersaing pembuatan aplikasi untuk membantu kinerja pemerintah tersebut sebelumnya diikuti lebih dari 2000 peserta dari 28 kota, bahkan juga digelar di Sydney Australia. Hackathon ke-3 telah diwacanakan akan digelar pada 9 Desember mendatang bertepatan dengan peringatan hari Anti Korupsi Internasional dan serentak di 13 negara.
Harapan dari penggagas Hackathon, Ainun Najib, even ini dicita-citakan bisa menjaring bakat-bakat dalam mengolah code dari seluruh warga Indonesia yang tersebar di seluruh dunia atau diasporanya.
 “Kali ini kami berkerjasama dengan KPK dan ICW untuk mengajak diaspora Indonesia dari seluruh penjuru dunia untuk membangun solusi IT untuk membantu permasalahan korupsi dan integritas dalam masyarakat, institusi, dan pemerintahan Indonesia,” papar Ainun.
Bagi mereka yang memiliki ide untuk membantu mengatasi korupsi di Indonesia, menurut Ainun maka sekaranglah saatnya untuk mulai berkontribusi. Menurutnya, korupsi adalah kejahatan luar biasa, sehingga upaya pemberantasan korupsi harus dilakukan secara luar biasa. Tujuan Hackathon Merdeka 3.0 adalah menghasilkan inovasi IT yang dapat membantu menciptakan sistem integritas, dan membantu menanamkan nilai-nilai integritas di masyarakat dan di sektor publik.
“Letih mendengar berita tentang korupsi di Indonesia saat ini dan ingin merubah Indonesia menjadi lebih baik? Maka kami mengajak kamu untuk membantu tanah air kita tercinta melalui Hackathon Merdeka 3.0,” ungkap Ainun dalam membuka Hackathon 3.
Wonosobo sendiri pada 14 November mendatang akan mengirimkan tiga tim untuk final Hackathon 2.0 dan rencananya juga akan menggelar Hackathon 3 dengan kepanitiaan yang telah dibentuk sebelumnya.

Tak tanggung-tanggun, untuk Hackathon Merdeka 3.0, panitia menyediakan total hadiah bagi para pemenang sebesar Rp100 juta. Selain itu, aplikasi mereka akan dikembangkan bersama para programmer untuk kemudian dilaunching dan bisa dijalankan  untuk membantu melawan korupsi. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here