Gubernur Wajibkan Pemkab Wonosobo Aktifkan Media Sosial Tampung Keluhan Masyarakat

WONOSOBOZONE – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan kembali pentingnya setiap pemerintah daerah untuk memiliki dan aktif di media sosial. Dalam arahan kepada Bupati, Wakil Bupati dan jajaran pimpinan organisasai pemerintah daerah (OPD), di ruang Mangunkusumo Setda, Kamis (13/10), Gubernur membeber puluhan keluhan warga masyarakat Wonosobo yang ditujukan langsung ke akun media sosial pribadinya. “Banyak sekali keluhan warga Wonosobo, baik terkait kerusakan jalan, pengurusan E-KTP sampai alokasi dana desa yang masuk ke twitter maupun instagram saya, tapi terus terang saya kesulitan meneruskan kepada Pemkab Wonosobo karena akun media sosial tidak aktif,” ucap Ganjar. Beberapa keluhan masyarakat yang masuk ke akun medsos langsung ditampilkan di layar melalui LCD Proyektor, sehingga dapat terlihat oleh siapapun yang ada dalam ruangan.
Salah satu keluhan terkait dana hibah, dibeber Ganjar berasal dari warga Batursari, Kecamatan Sapuran. “Warga dari Batursari Kecamatan Sapuran menyampaikan keinginan untuk konfirmasi terkait dana hibah dari Pemerintah Provinsi sebesar 200 Juta apakah benar sudah cair, karena di desanya sudah lebih dari 5 tahun di desanya tidak pernah ada pembangunan baik infrastruktur maupun non infrastruktur,” ungkapnya. Ada pula keluhan terkait eksplorasi pasir dan batu di kaki Gunung Sindoro, disampaikan warga, yang menurut Ganjar juga langsung dimintakan konformasi terkait tindak lanjutnya oleh pihak terkait di bidang Energi. Keluhan-keluhan tersebut, dikatakan  politisi asal PDIP itu perlu direspon cepat, dengan cara Pemkab Wonosobo melalui Bagian Hubungan Masyarakat, aktif di media sosial, baik twitter, instagram maupun facebook. “Saya juga lebih mudah memantau perkembangan atas respon terhadap keluhan-keluhan tersebut apabila Pemkab Wonosobo meneruskan informasi tindaklanjut ke akun saya,” pungkasnya.
Menyambut arahan dari orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo menegaskan siap melaksanakan. “Saya meminta agar semua pimpinan OPD untuk secepatnya membuat akun di media sosial dan mengikuti arahan Pak Gubernur ini dengan sepenuh tanggung jawab, karena upaya kita di Pemkab untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat memang sudah sepatutnya lebih transparan dan akuntabel,” tegas Bupati. Ke depan, Eko juga mengaku akan lebih peka dan tanggap terhadap keluhan warga, dan meminta masyarakat untuk tak sungkan menyampaikan keluhan maupun saran langsung ke akun media sosial miliknya maupun ke dinas dan instansi terkait di Pemkab Wonosobo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here