Gubernur Wacanakan Pembentukan Kelompok Penambang Rakyat

WONOSOBOZONE – Kejadian memilukan yang menimpa 3 penambang pasir galian C di Desa Gemblengan, Kecamatan Garung belum lama ini ternyata mendapat atensi serius dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Di sela lawatan kerjanya di Wonosobo sepanjang hari Kamis (13/10), Ganjar melontarkan wacana untuk mengakomodasi kebutuhan semua pihak terkait kian maraknya galian C liar yang sulit ditertibkan. “Sekarang saya lagi minta Dinas Energi Sumber Daya Mineral untuk membuat satu formula, mengingat keberadaan galian C ini juga menyangkut kebutuhan makan banyak orang, serta kebutuhan material untuk pembangunan,” tutur Gubernur di depan puluhan jurnalis yang mempertanyakan pendapatnya terkait penambangan pasir liar. Menurut mantan anggota DPR RI itu, galian C yang muncul di berbagai daerah tak bisa diabaikan begitu saja, karena dibalik aktivitas itu, ada potensi kehancuran lingkungan.
“Kita tak bisa mengabaikan tata ruang dan wajib mencegah kerusakan lingkungan  dengan salah satunya mengupayakan pembentukan kelompok penambang rakyat, seperti halnya kelompok tani, kelompok nelayan maupun kelompok UKM,” jelasnya. Dengan terbentuknya kelompok penambang rakyat tersebut, Ganjar meyakini nantinya akan lebih mudah dalam menetapkan tata ruang serta cara penambangan yang sesuai kaidah dan memenuhi unsur keamanan. “Tata ruang kita tetapkan, cara menambang diatur, lokasi diberikan, ijin diberikan serta dipantau ketat dan dibina secara berkelanjutan,” tegas politisi asal PDIP itu tegas.
Sehingga, lanjut Ganjar nantinya cara pengangkutan material dari lokasi penambangan juga akan diatur agar tak melebihi tonase yang ditetapkan dan tak merusak jalan. “Semua akan sama-sama enaknya kalau ada aturan yang ditetapkan dan dipatuhi, karena sesuai pula dengan arahan dari Presiden, Kapolri agar kita semua menghindari adanya pungutan liar, maka ini menjadi momentum untuk meperbaiki semua, termasuk galian C,” tandas Gubernur. Secara khusus, Gubernur bahkan menawarkan apabila memunginkan Wonosobo bisa menjadi contoh pembentukan kelompok penambang galian C milik rakyat. “Nanti ijin kita berikan kalau seumpama masyarakat Wonosobo mau kita jadikan contoh,” pungkas Ganjar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here