Gubernur Jateng Janji Akan Segera Bangun Jembatan Penghubung Banjarnegara-Wonosobo

BANJARNEGARA  – Pascabencana banjir 5 tahun silam hang mengakibatkan jembatan hanyut akhirnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan membangun jembatan penghubung Kabupaten Wonosobo-Banjarnegara.

Selama ini warga harus melintasi jembatan gantung dari bambu yang kondisinya tidak layak dan berbahaya karena mudah bergoyang saat dilintasi warga. Jembatan gantung tersebut menjadi akses utama antara Desa Larangan Pagentan Banjarnegara dan Jeben Plampitan Sukoharjo Wonosobo. Untuk masyarakat Jeben Plampitan yang sering menggunakan untuk akses pertanian, sekolah maupun ke pasar karena lebih dekat ke Banjarnegara. 

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberi penjelasan pada warga, bahwa pembangunan tidak langsung bisa dikerjakan karena harus masuk dalam penganggaran APBD. Ada alternatif lain yang bisa lebih cepat, yakni dengan anggaran pascabencana dari BNPB. 

“Kalau dari Pemkab beberapa kali ke sini dan jembatan belum juga jadi, saya pastikan jika gubernur yang ke sini pasti beres,” kata Ganjar, Rabu (10/4/2019). 

Ganjar menambahkan, kalau menggunakan APBD provinsi harus menunggu tahun depan atau paling cepat pada anggaran perubahan. Tapi ada yang lebih cepat, yakni menggunakan dana pascabencana.

Pertimbangan lain adalah jika membangun ulang jembatan gantung anggaran yang dibutuhkan sebanyak Rp600 juta dan itu bisa menggunakan APBD provinsi. Tapi jika membangun jembatan permanen, maka perlu biaya mencapai Rp2,5 miliar yang akan menggunakan dana pascabencana. 

“Pak Kades saya minta untuk segera membuat pengajuan agar jembatan ini cepat beres. Untuk Bupati Wonosobo semoga bisa segera ke sini, karena warga sudah menunggu, kangen katanya,” pungkasnya.

Artikel dikutip dari sindonews.com Penulis Taufiq Budi, link
https://daerah.sindonews.com/read/1394659/174/ganjar-janji-bangun-jembatan-penghubung-wonosobo-banjarnegara-1554901824

BACA JUGA:  BINA ATLET TENIS MEJA, PTMSI BANJARNEGARA GELAR OPEN TURNAMEN
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.