Gandeng PLN, Karang Taruna Wonosobo Latih 30 Produsen Carica Dieng

WONOSOBOZONE – Sedikitnya 30 produsen carica asal Dieng, Kecamatan Kejajar mengikuti pelatihan pembuatan Carica in syrup di gedung Tourist Information Center (TIC) Wonosobo, Selasa (23/5). Acara yang digelar oleh pihak Karang Taruna Kabupaten itu mendatangkan beberapa narasumber local yang kompeten yang di gelar selama 1 hari. Ketua Karang Taruna Wonosobo, Ida Agus Hidayat mengatakan pelatihan tersebut dilatar belakangi atas dasar tampungan masyarakat terkait kualitas carica yang ada di Dieng. Berdasarkan keluhan yang ada, lanjut Agus, kualitas kemasan ataupun rasa dari pengolahan Carica di Dieng saat ini masih dinilai fluktuatif. “Kami menggandeng PT. PLN Persero area Purwokerto melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR)-nya yang kita kenal dengan program Bina Lingkungan PLN untuk menyasar warga Dieng khususnya pengelola Carica dalam rangka menepis keluhan tersebut, diantaranya dengan menyeragamkan kualitas Carica yang ada di kawasan Dieng,” ungkapnya. Melalui dana CSR sebesar 50 juta tersebut, Agus berharap produksi Carica asli Dieng mampu memiliki daya saing yang tinggi, baik dalam lingkup daerah bahkan luar daerah. “Selama ini banyak biro tour yang memilih oleh-oleh khas Dieng malah di toko oleh-oleh yang bukan di kawasan Dieng, melainkan di daerah kota yang jauh dari Dieng, karena memang kualitasnya yang sangat jauh berbeda,” tegas Agus.
Senada, Manajer PT. PLN Persero area Purwokerto, Andik Novijanto menyampaikan dana bina lingkungan tersebut merupakan kali kedua yang diberikan warga Dieng sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan terhadap negeri atas awan itu. “Sebelumnya kami memberikan program bina lingkungan dalam bentuk stasiun pengisian listrik umum yang diletakkan di terminal Dieng, dan yang kedua ini bentuknya pelatihan peningkatan SDM dan hibah alat-alat produksi pengolahan carica,” ujarnya. Selain itu, Andik menyebut program bina lingkungan masih akan diberikan untuk kawasan Dieng terkait dengan pemberdayaan alam. Mengingat kawasan Dieng, merupakan daerah yang memiliki sejuta keindahan alam. “Carica itu identik dengan Dieng. Semoga dana bina lingkungan kami bermanfaat buat warga,” tandasnya.
Bentuk kepedulian PT. PLN bersama Karang Taruna mendapat apresiasi oleh Camat Kejajar, Iwan Widayanto. Iwan mengungkap rasa terima kasih atas kegiatan positif Karang Taruna yang turut membantu menyejahterakan masyarakat khususnya warga Dieng. Iwan juga menyebut, Carica merupakan bentuk keunggulan komparatif yang dimiliki Dieng. Namun dari segi kompetitif, secara kualitas masih belum berani bersaing. “Kami berharap kedepan, CSR lebih intens membantu warga dalam tataran peningkatan kapasitas masyarakat. Sehingga ketika CSR berhenti, masyarakat sudah bisa berlanjut dan mandiri. Dengan tetap memperhatikan kearifan lokal,” harap Iwan.
Terpisah, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten, Wening Tyas Suminar mengaku pihaknya beserta Karang Taruna Wonosobo akan terus memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Wonosobo. Setelah pelatihan peningkatan SDM, Wening menyebut beberapa agenda baik berbasis sosial maupun bidang olahraga tengah dipersiapkan. “Akhir Mei besok ini kami ada program bedah rumah di Kecamatan Leksono. Pada bulan Ramadhan, kami mengadakan kegiatan berupa santunan anak Yatim. Sedangkan dibidang olahraga, kami berencana mengadakan festival marathon 10 km yang rencananya kami selenggarakan di akhir tahun 2017,” tutup Wening. (Ham)
BACA JUGA:  Sakutema, Ajak masyarakat peduli kucing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.