FK Metra Wonosobo Edukasi Publik Melalui Drama

WONOSOBOZONE.COM – Sejumlah seniman panggung yang tergabung dalam Forum Koordinasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Wonosobo berinisiatif untuk turut berkontribusi dalam upaya mengedukasi publik agar tak lengah terhadap bahaya Corona Virus Desease (COVID-19). Dalam waktu 3 x 24 jam, sebuah skenario drama pun akhirnya dituntaskan dan dipanggungkan untuk kemudian ditayangkan melalui kanal TV Streaming Resmi Pemkab Wonosobo, Official Wonosobo WEB.

Di sela pengambilan gambar di studio Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo, Kamis (9/7/2020), Sugiyana selaku penulis skenario drama sepanjang 30 menit itu, menjelaskan perihal latar belakang pentas dadakan yang melibatkan beberapa pelaku seni senior Wonosobo tersebut.

Awalnya dari diskusi di grup FK Metra Kabupaten, bagaimana kami-kami para seniman ini bisa turut membantu upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tak mengendurkan kewaspadaan pada potensi bahaya COVID-19,” terang Sugiyana.

Gayung bersambut, dari diskusi para seniman tersebut pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten selaku Pembina FK Metra merespons dengan fasilitasi untuk panggung, pencahayaan hingga tata suara serta pengambilan gambar.

Kepala Dinas Kominfo, Eko Suryantoro mengaku ia justru sangat mengapresiasi adanya inisiatif dari para seniman untuk turut mendukung sosialisasi dan edukasi perihal protokol kesehatan COVID-19 kepada masyarakat.

Selama masa pandemi ini memang kegaitan FK Metra yang sejatinya secara agenda tahunan sudah tersusun di DPA Dinas Kominfo akhirnya menjadi vakum, mengingat saat ini pemkab lebih memprioritaskan percepatan penanganan COVID-19,” terang Eko.

Dengan komunikasi visual melalui pementasan drama oleh para seniman FK Metra yang nantinya akan ditayangkan di kanal TV Streaming tersebut, menurut Eko akan menjadi salah satu solusi bagi keberlanjutan kreatifitas para pelaku seni di Kabupaten Wonosobo.

BACA JUGA:  Cegah Stunting Dengan Pola Makan Bergizi Dan Seimbang

Kami di Diskominfo akan sangat senang untuk mendukung dan memfasilitasi setiap bentuk kreatifitas para pelaku seni sepanjang hal itu tetap dalam koridor protokol kesehatan, serta bisa memberikan edukasi kepada publik,” tegas Eko.

Perihal rencana berlanjutnya upaya edukasi melalui kesenian oleh anggota FK Metra Wonosobo, Kepala Seksi Pemberdayaan Komunikasi Sosial Bidang IKP Diskominfo, Ganeswara Wibawa juga mengaku tengah berkoordinasi secara intensif dengan para seniman. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan kelanjutan program FK Metra yang untuk sementara terpaksa ditunda karena pandemic COVID-19 bisa kembali bergulir.

Rencana pada awal tahun memang ada sejumlah agenda, seperti seleksi Pertunra, atau Pertunjukan Rakyat yang sedianya untuk memilih wakil Kabupaten di ajang lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah, mungkin akan kami alihkan di kegiatan seperti ini,” tuturnya.

Dengan upaya fasilitasi tersebut, ia berharap kreatifitas para seniman di FK Metra Wonosobo tetap terasah dan justru bermanfaat bagi upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Wonosobo. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.