Finalis Duta Wisata Diminta Lebih Peka Terhadap Lingkungan

WONOSOBOZONE – Selain penampilan dan kepribadian menarik, duta wisata Kabupaten Wonosobo juga dituntut memiliki kepekaan terhadap lingkungan di sekitar mereka. Salah satu wujud dari kepekaan dan kepedulian tersebut, terlihat ketika puluhan kandidat duta wisata diajak membersihkan kawasan alun-alun kota Wonosobo, belum lama ini. “Kami melatih para calon duta wisata ini tidak hanya agar mereka mampu tampil menarik, tapi juga berkepribadian baik, serta memiliki kepekaan sosial, terutama terhadap kondisi lingkungan di Wonosobo,” kata Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agus Purnomo saat ditemui di tengah acara pelatihan menyablon untuk para pelaku UKM, Rabu (11/5).
Agus menjelaskan, kaitan aksi para calon duta wisata yang dengan penuh semangat membersihkan sampah di seputar alun-alun Kota, merupakan bentuk dari keinginan agar lingkungan di Kota Wonosobo senantiasa terlihat asri. Alun-alun Kota, sebagai pusat beragam kegiatan warga Wonosobo, menurut Agus cukup rentan terhadap menumpuknya sampah, sehingga perlu diperhatikan kebersihannya. “Dengan inisiatif menggerakkan para calon duta wisata ini, kami berharap masyarakat juga akan ikut tergerak untuk menjaga kebersihan alun-alun,” lanjut Agus. Tak hanya seputar alun-alun, sepanjang masa penjurian dan seleksi duta wisata, Agus mengaku akan mengajak para kandidat untuk melihat beberapa objek wisata yang memerlukan penanganan serius, terutama dalam hal tata kelola sampahnya. “Mereka sebagai calon duta wisata wajib paham, bahwa tuntutan para wisatawan terhadap kebersihan sebuah objek wisata sangat tinggi,” tegas Agus.
Pentingnya seorang duta wisata untuk peduli terhadap kebersihan ditegaskan pula oleh Arma Deni, ketua paguyuban Mas dan Mbak Wonosobo. Menurut Arma yang juga mantan duta wisata tersebut, salah satu tugas dari seorang Duta Wisata adalah ikut berpartisipasi aktif dalam upaya mengenalkan Wonosobo sebagai Kota yang indah, bersih, serta nyaman untuk dikunjungi. “Dengan kesadaran untuk menjaga kebersihan melalui gerakan bersih-bersih alun-alun, kami berharap calon-calon duta wisata kelak lebih sering terjun langsung ke masyarakat untuk mengajak mereka menjaga lingkungan agar tetap ASRI,” pungkas Arma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here