Festival Durian Pisang Dan Kelapa Kaliwiro

WONOSOBOZONE – Dengan potensi sumber daya alam yang begitu besar, terutama perkebunan dan pertanian, Kecamatan Kaliwiro adakan Festival dan Lomba Durian, Pisang dan Kelapa.

Bertempat di pasar Panggotan Kelurahan Kaliwiro, Kamis (28/2). Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, SE.MM, saat membuka festival menyampaikan bahwa Kecamatan Kaliwiro ini memiliki sumberdaya alam yang begitu bagus dengan berbagai potensinya, terutama dari bidang pertanian dan perkebunan.

Salah satu bukti dari betapa besar potensi tersebut dapat kita rasakan bersama hari ini. “Dengan hasil panen durian khas, pisang dan kelapa yang bahkan telah dikenal rasa dan kualitasnya hingga ke berbagai daerah, layak kiranya kita berbangga dan mulai bergerak selangkah lebih maju,” ungkap Bupati.

Eko Purnomo juga menyampaikan gelaran festival ini dinilai dapat menjadi salah satu langkah strategis untuk memperkenalkan buah lokal dari Kaliwiro khususnya, dan dari wilayah lain seperti Kepil, Selomerto, Wadaslintang, Sukoharjo dan Leksono pada umumnya, sehingga kelak akan dapat dikenal lebih luas lagi.

“Terkait dengan durian, kita semua paham, durian yang oleh sebagian besar pihak sering dianggap sebagai rajanya buah, memang memiliki tempat tersendiri di hati para pencintanya. Untuk bisa merasakan sebuah durian, banyak orang bahkan rela mengeluarkan uang lebih banyak dibanding untuk membeli buah lainnya.

Karena itulah, seyogyanya para pemilik petani buah durian menangkap peluang ini dengan upaya serius,” terang Bupati.

Eko Purnomo juga berharap, tiap tahun bisa ditemukan varietas baru durian Kaliwiro, maupun durian di tempat lain, sehingga akan mampu menarik minat para penggemar durian untuk datang.

Selain itu, saya juga meminta agar segenap pihak, baik petani maupun pedagang buah lokal di Kabupaten Wonosobo untuk dapat memperhatikan sisi ekonomis buah lokal tersebut dari sudut pandang kewirausahaan.

BACA JUGA:  Korsleting Listrik, Rumah Warga Terbakar

Sehingga nantinya potensi ekonomi yang ada dapat memberikan efek positif bagi kesejahteraan warga masyarakat, serta mengangkat nama Kabupaten Wonosobo, baik di lingkup Jawa Tengah, maupun Nasional.

Sementara pada kesempatan itu Camat kaliwiro, Sujarwo, juga menyampaikan bahwa dengan banyaknya varietas buah di pasaran menyebabkan varietas lokal buah Kaliwiro mulai tergeser.

Padahal buah lokal Kaliwiro tidak kalah bersaing dengan varietas lainnya. “Oleh karena itu dengan adanya festival dan lomba durian, pisang dan kelapa ini diharapkan bisa mengangkat kembali potensi buah lokal di Kaliwiro, dimana dari dulu Kaliwiro terkenal sebagai daerah penghasil buah.

Selaian itu juga bisa dijadikan ajang untuk mencari calon pohon induk durian lokal Kaliwiro yang berkualitas,” jelas Sujarwo.

Festival dan Lomba Durian, Pisang dan Kelapa ini diikuti oleh 21 Desa dan Kelurahan serta KTNA se Kecamatan Kaliwiro.

Pada festival dan lomba ini tampil sebagai pemenang adalah Juara 1 lomba durian, Yanto dari Desa Tanjung Anom. Juara 2 lomba durian, Sadilan dari desa Selomanik. Juara 3 lomba durian, Sugiyanto dari desa Sukoreno.

Juara 1 lomba Pisang, Suprianto dari Desa Kemiriombo. Juara 2 Lomba Pisang, Mansur dari Desa Ngadisono. Juara 3 Lomba Pisang, Nasirul dari kelurahan Kaliwiro.

Juara 1 lomba Kelapa, Kodrat dari desa Medono. Juara 2 lomba Kelapa, Ny. Khubaidah dari desa Ngadisono. Juara 3 lomba Kelapa, Kuat dari Desa Grugu.

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.