FESTIVAL DAN PAMERAN BURUNG KICAU WONOSOBO

WONOSOBOZONE – Tidak kurang dari 1.200 ekor burung kicau ikut lomba Dandim Cup 2 Wonosobo. Lomba diselenggarakan dengan mengambil tempat di alun – alun Wonosobo. Perlombaan dibuka langsung oleh Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkool Czai Fauzan Fadli, SE. (21/10)

Dandim 0707/Wonosobo mengapresiasi perlombaaan. “Atas nama Komando Distrik Militer 0707, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat dibuat lebih baik lagi dan diharapan dapat dijadikan sebagai kegiatan nasional,” kata Dandim. Dandim pun berpesan agar seluruh peserta menjunjung tinggi sportifitas. “Dalam pelaksanaan lomba diharapkan para peserta berlomba harus menjaga sportifitas dan harus menghormati keputusan juri lomba, juri harus bertindak jujur. Jangan terpengaruh pemilik maupun tempat,” ujar Dandim.

Kami menggandeng komunitas kicau mania, tidak hanya satu tapi hampir semuanya kami libatkan. Harapannya, event ini menjadi acuan untuk membuat event yang lebih besar lagi,” ucap Letkol Fauzan.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini para pecinta burung khususnya di Wonosobo semakin giat dalam beternak burung. Karena dengan mengikuti lomba harga jual burung bisa meningkat. Apalagi saat ini ada beberapa burung yang harganya sudah mencapai ratusan juta. Ada burung yang sudah ditawar dengan mobil baru. Ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Manfaat yang bisa dirasakan dari lomba burung ini tidak hanya para pengemar burung saja. Akan tetapi banyak orang yang ikut merasakannya. Seperti para pedagang makanan. Dengan datangnya orang dari luar Wonosobo yang jumlahnya mencapai ratusan tentu membutuhkan makanan. Mereka datang pagi – pagi bahkan ada yang datang sejak kemarin. Mereka tentu membutuhan konsumsi. Dan ketika mereka pulang sedikit banyak mereka juga akan membeli oleh – oleh khas Wonosobo. Itu baru sebagian kecil yang terlihat dari perlombaan burung.

BACA JUGA:  10 Tahun Kerjasama FNS, Apresiasi Penerapan Konsep Ramah HAM

Ketua panitia pelaksanaan festival dan lomba Kicau Dandim Cup 2 Kapten Inf Heru Utomo mengucapkan selamat datang para peserta kicau mania. Atas nama panita mohon maaf jika dalam penyelenggaraan kali ini masih ada kekurangan. Akan tetapi panitia sudah berusaha semaksimal mungkin dengan harapan penyelenggaraan kali ini lebih baik dari yang kemarin.

Sersan Beny Dwi Septanto selaku Koordinator pelaksanaan menambahkan, kicau mania ‘Dandim Cup 2 Wonosobo’ tersebut memperlombakan beberapa kelas, mulai kelas Dandim, Kasdim, Danramil, Serdadu dan KMWB. “Dari setiap kelas akan diambil juara 1 s.d 3.,” tandasnya. Adapun jenis burung yang dilombakan seperti murai batu, kacer, kenari lokal, cucak ijo, pleci, love bird ,jalak suren ,kolibri dan jenggot. Adapun total kelas yang diperlombaan mencapai 30 kelas seperti Murai Batu Dandim, LB Dewasa A Danramil, Anis Merah Danramil, Cucak Hijau Kasdim, Kacer Kasdim, Pleci Wonosobo, Kacer Serdadu dan sebagainya.

Menurut Sersan Beny bahwa penyelenggaraan ini dilaksanakan atas permintaan dari para penggemar burung kicau khususnya ada di Wonosobo, akan tetapi pada pelaksanaannya ternyata yang hadir tidak hanya dari Wonosobo saja akan tetapi dari berbagai daerah di Jawa. Hal ini dibuktikan untuk kelas Love bird dimenangkan burung dari Banjanegara dan cucak hijau dari Purworejo.

Khusus untuk kelas Love Bird penilain kali ini menggunakan sistem Independen, yaitu pembatasan nilai hanya 1500 point, jika lebih maka burung tersebut akan kalah. Dengan pemakaian sistem ini diharapkan tidak terjadi keributan diluar lapangan. Karena jika menggunakan sistem bursa maka burung yang keluar dari arena harus dilelang. Jika pemilik burung tidak akan menjual, sedangkan ada orang yang mau membeli maka akan terjadi keributan.

BACA JUGA:  Aparat Desa Diminta Tingkatkan Etos Kerjanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.