Festival Balon Udara Tradisional Wonosobo Ramaikan #HUT190WSB



WONOSOBOZONE – Masih suasana Lebaran, perkenankan saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436H bagi teman-teman yang merayakan dan Mohon Maaf Lahir Batin atas segala salah juga khilaf kepada teman-teman semua. Yang masih libur selamat berlibur, yang sudah masuk kerja selamat beraktifitas kembali. 

Banyak diantara teman-teman yang masih libur. Selain diisi dengan mengunjungi sanak saudara, tentu diantara teman-teman ada yang datang ke tempat wisata. Selain untuk refreshing diri sendiri, juga agar anak-anak tidak bosan karena tidak ada kegiatan.
Kota kecil Wonosobo yang berhawa sejuk ini sedang memperingati Hari Jadi yang ke-190, pada tanggal 24 Juli 2015. Banyak acara yang akan digelar oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam memperingati Hari Jadinya. Antara lain adalah Doa Keselamatan dari Lintas Agama, Pesta Rakyat, Wonosobo Night Costum Carnival, Sendratari Dieng Negeri di Awan, Kirab Budaya, Ruwatan Rambut Gembel/Gimbal, Pentas Artis Ibu Kota dan yang tak kalah menarik adalah Festival Balon Udara.
Festival Balon Udara berawal dari kebiasaan masyarakat Wonosobo yang menyambut datangnya hari raya dengan melepaskan atau menerbangkan balon ke udara. Balon tersebut terbuat dari kertas minyak maupun dari plastik dan berbahan bakar asap. Jadi jangan heran bila berlebaran di Wonosobo Anda akan disuguhi balon warna-warni yang bertebaran di langit Wonosobo.
Kebiasaan melepaskan balon tradisional tersebut, kemudian dibuat event tahunan oleh Pemkab Wonosobo dengan mengadakan Festival Balon Udara. Festival Balon Udara Tradisional ini telah beberapa kali diselenggarakan sejak tahun 2005. Awalnya bertempat di alun-alun kota Wonosobo, kemudian di Lapangan Kecamatan Sapuran dan tahun 2015 ini akan dilaksanakan di Stadion Kalianget. Stadion Kalianget sendiri terletak kurang lebih 3 Km dari pusat Kota Wonosobo dan terdapat di Kompleks pemandian Kalianget. Disebut Kalianget karena ada sumber air panas ditempat tersebut.
Festival Balon Udara tradisional kali ini akan berlangsung Hari Minggu, Tanggal 2 Agustus 2015 dan dimulai pagi hari sekitar jam 05.00. Pastikan diri Anda pagi-pagi sudah berada di lokasi untuk dapat menyaksikan balon-balon yang akan diterbangkan.
Biasanya balon-balon tersebut didesign sangat menarik dengan warna-warni yang mencolok sehingga bila sudah terbang akan kelihatan apik. Dalam festival balon udara tersebut pemenang yang dipilih adalah balon dengan design unik, warna cantik dan yang pasti harus bisa terbang tinggi. Siapa saja boleh berpartisipasi pada festival balon tersebut.
Selain festival balon, bisanya acara juga dimeriahkan dengan panggung hiburan dari artis-artis lokal Wonosobo. Mangga sami sowan dateng Wonosobo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here