Embun Es Picu Tingginya Kunjungan Wisatawan ke Dieng

BANJARNEGARA – Kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara masih menjadi tujuan destinasi bagi wisatawan untuk berlibur. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada lebaran tahun ini jumlah kunjungan wisatawan meningkat tajam dalam 10 hari setelah lebaran naik 35% dibanding periode yang sama tahun 2018 lalu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dieng, Aryadi Darwanto mengatakan pada 10 hari pasca lebaran, tingkat kunjungan Dieng mencapai 127 ribu orang. Sedangkan pada periode yang sama pada 2018, kunjungan hanya berkisar 94 ribu orang.

“Kisaran kenaikan 30-35%,” ucapnya, Minggu (16/6/2019).

Aryadi menambahkan, tingginya kunjungan ke Dieng banyak dipengaruhi oleh munculnya embun es pada Ramadan. Tercatat, embun es muncul tiga kali. Dua kali pada Mei dan sekali pada 1 Juni 2019 ini, atau sebelum lebaran 2019.

“Kabarnya sih, karena tertarik untuk lihat embun. Dari Jakarta, itu sangat-sangat tertarik untuk melihat embun es. Makanya banyak yang datang,” ujarnya.

Menurut dia, embun es yang langka itu membuat banyak pengunjung luar daerah penasaran dan ingin menyaksikan langsung fenomena embun es Dieng yang oleh warga lokal disebut Bun Upas.

“Selain fenomena embun es, tingginya tingkat kunjungan diklaim juga hasil kerja tim Dieng. Sosialisasi langsung dan melalui sosial media juga sangat membantu tingginya kunjungan wisata ke Dieng,” ungkapnya.

Dia menyebut, pengunjung Dieng pada libur lebaran kebanyakan adalah keluarga yang berasal dari luar daerah. Wisatawan lokal ia sebut justru enggan berlibur di Dieng pada masa lebaran. Mereka khawatir terjebak macet panjang saat pengunjung Dieng membludak.

“Kunjungan wisata masih tinggi beberapa pekan ke depan. Pasalnya, sekolah masih libur. Sekolah di beberapa wilayah Jawa Tengah, mulai tingkat SD, SLTP hingga SLTA baru masuk pada pekan kedua Juli 2019,” pungkasnya.

BACA JUGA:  WAKIL BUPATI BANJARNEGARA TERIMA 212 MAHASISWA KKN UAD 2019

Artikel dikutip dari Gatra.com Penulis Ridlo Susanto 
https://www.gatra.com/detail/news/422141/lifestyle/embun-es-picu-tingginya-kunjungan-wisatawan-ke-dieng

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.