EKONOMI KREATIF PURWIREJO DI DOMINASI ANAK MUDA.

PURWOREJO – Ekonomi kreatif di Purworejo menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan beberapa tahun terakhir. Anak muda mendominasi sektor usaha kreatif dengan memunculkan berbagai produk.

Dikutip dari Krjogja.com, menurut Ketua Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Kabupaten Purworejo Agus Fitri Yanto, pertumbuhan ekonomi kreatif di Purworejo terjadi sejak dua tahun terakhir. “Sebelumnya juga sudah tumbuh, namun paling signifikan sejak dua tahun terakhir,” ungkapnya pada Senin (07/01/2019).

Ekonomi kreatif tumbuh seiring majunya teknologi informasi. Masyarakat mulai mudah mengakses dan mengaplikasikan berbagai teknologi berbasis internet.

“Ketika mereka punya bakat dan semangat yang dikreasikan dalam produk, lalu didukung berbagai informasi internet, maka terwujudlah industri kreatif. Sebagian anak muda Purworejo berhasil mewujudkannya dan jejak digitalnya banyak di internet,” terang staf pengajar Politeknik Sawunggalih(Polsa) Aji Kutoarjo.

Agus mengatakan, daya kreasi dan daya cipta sudah ditunjukkan terutama oleh pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Purworejo. “Kondisi sekarang justru semakin menguatkan UMKM. Usaha yang sebelumnya susah berkembang, bisa tumbuh dan bersaing dengan dukungan kemudahan akses teknologi, namun tentu hanya mereka yang kreatif yang bisa sukses,” paparnya.

Tim GKN Purworejo memperkirakan, kurang lebih 70 persen anak muda setempat menggeluti ekonomi kreatif. Beberapa pelaku usaha bahkan sukses memperoleh rupiah dari geliat usaha itu.

Pelaku usaha kreatif dari Desa Rendeng, Kecamatan Gebang, Ashari (28) mengemukakan, menggantungkan hidup dari kretivitas mengukir sandal jepit karet. Ide muncul ketika beberapa kali mendapati sandalnya tertukar saat menjalani pendidikan di Ponpes Tegalrejo Magelang. “Saya pikir kalau sandal diukir, bisa jadi penanda sekaligus tambah indah, dan pasti banyak peminatnya. Saya coba secara otodidak dan berhasil, sekarang jadi usaha,” ucapnya.

BACA JUGA:  Hasil VCT Di 6 Kecamatan, Belum Ada PNS Positif HIV

Dikutip dari krjogja.com dengan judul “Anak Muda Dominasi Ekonomi Kreatif di Purworejo”
Ditulis: Jarot Sarwosembodo
Foto: Jarot Sarwosembodo
Editor: Ivan Aditya
Link: https://krjogja.com/web/news/read/88037/Anak_Muda_Dominasi_Ekonomi_Kreatif_di_Purworejo

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.