Domba Klowoh Dombos, Dombanya Wonosobo

WONOSOBOZONE  – Selain Belanda di Indonesia juga ada yang namanya Domba Texel, tepatnya di dusun Klowoh Desa Kwadungan Kecamatan Kalikajar Wonosonbo Jawa Tengah sehingga disebut dengan nama domba klowoh atau dombos yang memiliki arti dombanya Wonosobo.
Selain memiliki postur yang tinggi besar, panjang dengan leher panjang dan ekor kecil. Domba texel juga mempunyai ciri khas yang mudah dibedakan dari domba jenis lain yaitu : Mempunyai bulu wool yang keriting halus berbentuk spiral berwarna putih yang menyelimuti bagian tubuhnya kecuali perut bagian bawah, keempat kaki dan kepalanya.

Domba Texel (dombos) tergolong ternak unggulan, di samping cepat berkembang biak, juga berpotnsi sebagai penghasil daging. Bobot badan dewasa jantan dapat mencapai 100 kg dan betina 80 kg, dengan karkas sekitar 55 %. Masyarakat Wonosobo, telah merintis usaha penggemukan intensif terhadap domba persilangan texel dengan domba lokal, yang menghasilkan keuntungan memadai.
Domba texel juga dapat menghasilkan bulu wool berkualitas sebanyak 1000 gram/ekor/tahun, yang dapat diolah sebagai komoditas yang mempunyai nilai tambah sehingga di pedesaan Wonosobo yang memiliki potensial Domba texel telah dirintis industri rumahan pengolahan bulu wool Domba texel. Investasi yang ditawarkan, yaitu pengembangan dan pelestarian Domwos, dengan lokasi prospektif Kecamatan Kalikajar, Kejajar, Garung, Kertek, dan potensi pengembangan 38. 143 AU atau sekitar 267.001 ekor.

(RTA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here