Doktor Muda Dari Wonosobo Dengan Segudang Prestasi

WONOSOBOZONE – Dambaan setiap orang tua adalah bisa meciptakan penerus yang lebih, baik segi ilmu maupun lainnya.  Itu yang sedang dialami Pelda Purn Rohmat mantan anggota Kodim 0707/Wonosobo. Saat menyaksikan anak sulungnya di wisuda meraih gelar Doktor dengan IP 3.98 Rabu, 12 Desember 2018 bertempat di Gedung Graha Widya Wisuda IPB Bogor.

.


Pelda Purn Rohmat seorang pelatih paskibra Kabupaten dan juga Bati Ops Kodim dalam mendidik anaknya dengan disiplin tapi dibalut rasa kasih sayang yang tinggi sehingga bisa menghantar anaknya meraih segudang prestasi.

.

Untuk menciptakan generasi yang bisa berhasil harus didukung dari dalam keluarga. Mulai dari istri Parjuni, S.Pd yang saat ini menjabat sebagai kepala sekolah SD Negeri 2 Mangunrejo ikut adil juga.

.


Tips yang selalu ditanamkan kepada ketiga anaknya adalah :

.

  1. Selalu memohon kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan, keselamatan, kemudahan, dan keberhasilan;
  2. Menanamkan kebiasaan disiplin sejak dini;
  3. Selalu mengadakan pengawasan secara terus menerus dari lingkungan keluarga sampai pelaksanaan kuliah walaupun komunikasi lewat HP;
  4. Menanamkan pembiasaan disiplin, kerja keras, ulet tanpa pantang menyerah;
  5. Menanamkan selalu bersyukur kepada Allah SWT dalam keadaan apapun, karena Allah selalu bersama kita;
  6. Memberikan pemahaman kondisi atau keadaan orangtua sebenarnya dari penghasilan orangtua setiap bulan agar anak;
    a. Mampu mengatur kebutuhannya setiap bulan sesuai yang dianggarkan oleh orangtuanya;
    b. Mampu memprioritaskan kebutuhan sekolah atau perkuliahan;
    c. Selalu memperhatikan kondisi kesehatan dari kebutuhan makan setiap harinya 
  7. Orangtua selalu mengikuti perkembangan belajar, hasil belajar/kuliah, memberikan evaluasi dan selalu memberikan support atau semangat kepada anak.
    .
    Dengan tips tersebut ketiga buah hatinya tidak mengecewakan orang tua.  Untuk anak yang no 2 Rinda Pratyas, S.Pd., Gr sat ini mengajar di SD 1 Rawe, Kecamatan Buawai, Kabupaten Nagekeo, NTT program Guru Garis Depan tahun 2017-sekarang) dan no 3 Norma Ellystyorini sedang menempuh pendidikan prodi PGSD di UNY semester 3.
    .
    Dr. drh. RIdi Arif itulah anak sulung dari Pelda Purn Rohmat.  Disaat baru memasuki usia 30 tahun sudah meraih gelar Doktor.  Sejak kecil memang sudah terlihat sebagai anak yang mempunyai banyak prestasi seperti sebagai siswa teladan SD tingkat Kabupaten. SMA prestasi yang diperoleh antara lain menjadi Anggota paskibraka tingkat kabupaten tahun 2005; Anggota PBB tingkat karesidenan kedu tahun 2005; Finalis karya tulis ilmiah bela negara Rindam IV Diponegoro tahun 2006; Peserta POPDA bulu tangkis tingkat kabupaten.
    .
    Disaat kuliah di IPB juga mendapat prestasi  seperti Ketua divisi sosial BEM FKH IPB tahun 2008-2010; Ketua program mahasiswa Abdi Nusantara FKH IPB tahun 2010 di Kediri; Penerima beasiswa PPA Dikti tahun 2009-2011; Penerima beasiswa alumni FKH tahun 2009-2011; Lolos PKM Penelitian dibiayai Dikti tahun 2010; Asisten Praktikum Mata Kuliah Anatomi veteriner, histologi veteriner, fisiologi veteriner dan beberapa mata kuliah lainnya tahun 2009-2011; Asisten dosen tahun 2013-2014; Lulusan Terbaik tingkat FKH IPB tahun 2011 dengan predikat Cumlaude IPK 3,75; Mendapat gelar dokter hewan predikat cumlaude IPK 3,84 tahun 2013; Diterima menjadi dosen PNS FKH IPB divisi parasitologi dan entomologi kesehatan departemen ilmu penyakit hewan dan kesehatan  masyarakat veteriner tahun 2015
     
    Pada Program Doktor diraihnya melalui Penerima beasiswa PMDSU ( Pendidikan Magister Doktor Sarjana Unggul) pada tahun 2013.
    Disaat menempuh porgram Doktornya juga banyak prestari yang ditorehnya seperti  Pembicara dalam acara penyuluhan dan sosialisasi kesehatan hewan qurban tahun 2018; Delegasi Dosen Muda FKH IPB pada pertemuan internasional dalam acara RNAS  di Manilla, Filiphina tahun 2015 ; Delegasi Dosen Muda FKH IPB pada pertemuan Internasional dalam acara RNAS di Myanmar tahun 2016 ; Pembicara dalam acara penyuluhan tentang rabies pada anak sekolah di Depok, Jawa Barat tahun 2016; Tim Pemeriksa Hewan Qurban di wilayah Jabodetabek tahun 2015 – sekarang; Ketua Tim Redaksi Jurnal Acta Veterinaria Indonesia tahun 2018 – sekarang;  Lulus program doktor dengan IPK 3,98
     
     Saat ini Dr. drh. RIdi Arif mengajar di divisi parasitologi dan entomologi kesehatan FKH IPB  tahun 2015-sekarang. . Mengajar di Fakultas Peternakan IPB mata kuliah pengelolaan kesehatan ternak tropis tahun 2015 – sekarang.  Dosen panggilan di UNPAD, Jatinangor, Jawa Barat mata kuliah parasitologi veteriner tahun 2015 – sekarang
    Dr. drh. RIdi Arif sudah mempunyai seorang istri Ika Nugraha Darmastuti, S.Hut., M.Si. dan 2 orang anak yaitu Fatih Arif Ar-Rasyid dan Hanif Arif Al-Fawaid.
     

BACA JUGA:  Ganjar-Yasin Ditargetkan Menang 60 Persen di Brebes
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.