Disparbud Dorong Pengembangan Desa Wisata

Salah satu wisata desa di Wonosobo “bukit alam Seroja”

Wonosobo Zone – Untuk meningkatkan minat wisatawan, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo terus mendorong pengembangan desa wisata berbasis masyarakat dengan menonjolkan keunggulan daerahnya. Hal tersebut dilakukan karena potensi desa di Kabupaten Wonosobo luar biasa. Kabid Promosi Disparbud Wonosobo Bambang Tri mengatakan bahwa kelompok sadar wisata (Pokdarwis) harus terus berinovasi mengembangkan desa wisata sebab banyak potensi desa – desa di wonosobo  yang bisa di ekplorasi lebih jauh.

“Saat ini sudah ada 12 desa wisata rintisan yang memiliki potensi wisata,” imbuh Bambang.

Sementara itu, Ketua FK Pokdarwis Wonosobo Muaris menambahkan bahwa perlu terus dibangun penyamaan persepsi antara Disparbud dan juga kelompok sadar wisata di Wonosobo. Sehingga diharapkan pengembangan desa wisata akan mengalami kemajuan yang terukur. Menurutnya forum komunikasi porkdarwis merupakan wahana untuk saling belajar meningkatan  kapasitas serta berbagi informasi terkait kepariwsataan dan lebih khusus  desa wisata.

“Diharapkan ada peningkatakan fasilitasi dari pemkab dalam  memajukan desa wisata yang sedang berjalan maupun yang masih dalam rintisan”, pungkas Muaris

Kontributor : Agus S

Editor :Apr