Dinkes Gelar Pengecekan Kesehatan PNS


WONOSOBOZONE – Selasa, 3/11, Dinas Kesehatan Wonosobo menggelar pengecekan kesehatan yang terintegarsi dalam program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), di Ruang KRT.Mangoenkoeseomo Setda.
Puluhan PNS, termasuk petugas keamanan dan kebersihan di lingkungan Setda, nampak antusias dengan adanya kegiatan ini. Seperti yang disampaikan Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Jaelan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk lebih menjaga kebugaran PNS khususnya dari penyakit tidak menular.
Selain itu, kegiatan dilaksanakan karena adanya perubahan pola penyakit di masyarakat dari penyakit menular ke arah penyakit tidak menular, yang mana hal ini menjadi masalah kesehatan baru. Saat ini di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Wonosobo, PTM telah menjadi masalah kesehatan baru. Hal ini bisa dilihat dari adanya kasus PTM yang meningkat dibandingkan dengan penyakit menular lainnya, bahkan PTM telah menjadi penyakit dengan resiko kematian cukup tinggi di masyarakat.
Kegiatan Posbindu ditujukan untuk orang dewasa mulai umur 25 tahun, baik yang memiliki faktor risiko PTM seperti merokok, pola makan tidak seimbang, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, kurang aktifitas fisik serta riwayat keluarga dengan penyakit tidak menular, maupun orang dewasa yang tidak memiliki faktor resiko PTM.
Salah satu PNS yang ikut pemeriksaan Posbindu, Sukarjono, mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Ia merencanakan akan rutin melakukan pengecekan kesehatan, sedikitnya 3 bulan sesuai arahan petugas Dinas Kesehatan. drt
source : wonosobokab.go.id
editor : wahab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here