Dinilai Taat Regulasi, Wonosobo Dapat Pujian AirNav Indonesia

WONOSOBOZONE Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia mengapresiasi penerbangan balon udara tradisional yang ditambatkan, pada pelaksanaan festival Balon Udara Kapolres Cup di Taman Fatmawati Wonosobo, belum lama ini. Melalui siaran pers tertulis, Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Didiet KS Radityo, mengutarakan pujian kepada penerbangan balon udara tradisional dengan cara ditambatkan tersebut, karena dinilai telah sesuai dengan sosialisasi dan uji coba yang dilakukan AirNav Indonesia pada pertengahan Agustus lalu di alun-alun Kota Wonosobo. “AirNav memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Wonosobo karena telah melakukan penerbangan balon udara sesuai kaedah dan aturan yang berlaku yakni dengan cara ditambatkan, sehingga festival pun dapat berlangsung dengan aman dan terkedali serta sesuai dengan peraturan penerbangan sipil yang berlaku,” ungkap Didit dalam rilis yang diterima Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten, Sabtu (2/11).

.

Lebih lanjut, Didit menjelaskan bahwa kesadaran masyarakat Wonosobo untuk menerbangkan balon udara dengan cara ditambatkan merupakan keberhasilan kolaborasi sosialisasi yang baik antara AirNav Indonesia, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Pemerintah Kabupaten, Kapolres serta Dandim 0707/ Wonosobo. Jajaran tersebut, dinilainya telah bersinergi untuk bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya penerbangan balon udara tanpa awak bagi keselamatan penerbangan. “Alhamdulilah melalui sinergi yang baik antara AirNav dengan Pemerintah Daerah setempat, kini masyarakat Jawa Tengah khususnya Wonosobo sudah mulai sadar dan peduli akan keselamatan penerbangan di ruang udara Indonesia, dan kita semua dapat menemukan solusi yang sangat baik agar tradisi penerbangan balon udara dapat terus terlaksana bahkan dapat dikembangkan menjadi potensi wisata tanpa harus membahayakan keselamatan penerbangan” tambahnya.

.

Berkaca dari kesuksesan pelaksaan festival balon udara Kapolres Cup dilapangan Fatmawati Wonosobo pada Minggu (26/11) lalu, dimana 40 balon udara warna-warni yang ditambatkan mampu mengundang antusiasme warga sekitar, AirNav Indonesia yakin pelaksanaan festival balon udara yang akan diselenggarakan oleh AirNav Indonesia di tahun 2018 mendatang dapat berlangsung semarak, namun tetap aman dan tertib sesuai dengan aturan penerbangan yang berlaku karena kesadaran dan kerjasama masyarakat Wonosobo akan keselamatan penerbangan sudah sangat baik.

.

“Kami berharap komitmen untuk sama-sama menjaga keselaatan penerbangan dengan menambatkan balon udara ini bisa konsisten hingga ke depannya, sehingga tradisi balon udara ini bisa terus berkembang dengan baik, apalagi ditambah dengan dukungan sejumlah instansi terkait, bahkan Gubernur Jawa Tengah Gandjar Pranowo juga memberikan supportnya terhadap pelaksanaan festival balon udara yang akan kami selenggarakan tahun depan” ujar Didit.

AirNav Indonesia, diakui Didit berencana untuk menyelenggarakan festival Balon Udara yang ditambatkan, dengan melibatkan kurang lebih ratusan peserta dari seluruh komunitas dan pecinta tradisi balon udara di Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

“Rencananya AirNav Indonesia bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Daerah Jawa Tengah akan menggelar festival balon udara pada pertengahan tahun 2018 mendatang,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here