Dinas Kominfo Temanggung Dan Wonosobo Tukar Pikiran Soal Tata Kelola LPPL

WONOSOBOZONE – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Temanggung melakukan studi banding ke Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo, Selasa (14/5). Studi banding tersebut dilakukan oleh Kominfo Temanggung guna belajar lebih jauh mengenai pengelolaan media, dan pengelolaan Lembaga Penyiaran baik LPPL maupun Lembaga Penyiaran Swasta (LPS).

Dalam kunjungannya, rombongan diterima oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo, Eko Suryantoro S.Sos. M. Si yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo Ir. Dwiyama Satyani B, M.Si, Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Bambang Sutedjo S. Kar, serta dua Kepala Seksi yaitu Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Sri Fatonah WI S.Sos, M.Si dan Drs. Ganeswara Wibawa, M.M Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik dan Pemberdayaan Komunikasi Sosial.

Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Temanggung, Sumarlinah S.Sos M.Si selaku pimpinan rombongan study banding menjelaskan, kedatangannya ke Wonosobo adalah demi mengetehui sejauh mana peran Diskominfo Wonosobo terhadap keberadaan media dan Lembaga Penyiaran terkait dengan berbagai kegiatan yang mendukung tercapainya pelayanan informasi publik kepada masyarakat. Dijelaskannya, selama ini Lembaga Penyiaran Publik Lokal Temanggung belum mempunyai kelengkapan kelembagaan seperti Dewan Pengawas, dan Direksi, sehingga berpengaruh terhadap peran LPPL Temanggung sendiri dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat. Selain itu diakuinya bahwa di Temanggung belum ada sebuah asosiasi radio sebagai ajang silaturahim antar radio maupun sebagai wadah berkegiatan bersama.

Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo menjelaskan point penting terkait dengan LPPL yang masih dikelola oleh Diskominfo, bukan di Bagian Humas Setda. Alasanya adalah sebagai penyambung lidah Pemerintah Daerah, yang kedua Bagian Humas sebagai pendamping Bupati.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Sri Fatonah WI S.Sos mengungkapkan panjang lebar mengenai pengelolaan Media dan Lembaga Penyiaran baik Lokal maupun Swasta di Wonosobo. Selama ini Pemerintah Kabupaten Wonosobo sudah melakukan berbagai kegiatan bersama sebagai salah satu upaya mendukung kegiatan pelayanan informasi terhadap masyarakat. Salah satu kegiatan bersama yang pernah dijalankan adalah dengan adanya kegiatan Halo Wonosobo yang merupakan kerjasama antara Pemkab Wonosobo dengan beberapa media seperti LPPL dan LPS. Dari Situlah maka timbul kedekatan dan timbul suatu ikatan antara media-media tersebut dan Pemkab Wonosobo yang kemudian memunculkan sebuah Asosiasi yaitu Asosiasi Radio Swasta Wonosobo tutur Fatonah sesaat setelah menerima kunjungan dari DisKominfo Temanggung.

BACA JUGA:  Kunjungi Pasar Kertek, Ganjar: Hindari Bang Thengul

Mendapat banyak penjelasan, salah satu peserta rombongan mengaku senang karena sudah mendapatkan gambaran lebih baik lagi mengenai pengelolaan media dan pengelolaan lembaga penyiaran. Kedepan, ia menyebut Diskominfo Temanggung akan mencoba menerapkan ilmu yg sudah didapatkan dari kunjungannya ke Wonosobo tentu saja disesuaikan dengan kondisi saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here