Difabel Kembar Dibantu Sepatu Khusus

WONOSOBOZONE – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny Fairuz Eko Purnomo bersama Wakil Ketuanya, Ny Ani Agus Subagiyo, Minggu (20/11) menyambangi RT 2, RW 3 Desa Pengarengan, Kecamatan Kalibawang. Kedatangan keduanya menjadi bagian dari rangkaian hari Ibu 2016, dimana salah satu kegiatannya adalah bakti sosial, pemberian alat bantu jalan untuk dua anak perempuan kembar penyandang disabilitas kaki.
Kasubbag Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Bagian Sosial dan Kesra Setda, Heri Siswanto Rahayu menyebut pemberian alat bantu kepada kedua anak kembar, Desifa dan Desita, sudah diusulkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2016. “Kedua anak ini sudah kami usulkan untuk dibantu, dan momentumnya kemudian diselaraskan dengan agenda TP PKK Kabupaten dalam rangka memperingati Hari Ibu,” terang Heri di sela penyerahan sepatu khusus bagi Desita dan Desifa.
Selain alat bantu jalan berupa sepatu khusus untuk si kembar berusia 10 tahun yang kini tengah menempuh pendidikan di kelas 4 SD setempat itu,  Heri menyebut Ketua dan Wakil TP PKK Kabupaten juga menyerahkan alat tulis dan sembako kepada pihak keluarganya. “Semoga ananda Desifa dan Desita semakin semangat belajar dan sekolah dengan sepatu khusus yang didesain sesuai dengan ukuran kakinya ini,” harap Fairuz saat ditemui seusai penyerahan bantuan. Fairuz juga mengaku salut sekaligus terharu dengan perjuangan keduanya untuk tetap menuntut ilmu di tengah keterbatasan fisik. Kepada kedua orangtuannya yang selama ini setia mengantar Desifa dan Desita ke sekolah setiap hari, Fairuz dan Ani berpesan agar tak kecil hati dengan kondisi anaknya, dan mendoakan agar keduanya diberikan kesehatan serta mampu meraih cita-cita nya.
Harapan yang sama juga disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Camat Kalibawang, Singgih Kuncoro. Singgih yang turut mendampingi Ketua dan Wakil TP PKK dalam pemberian santunan alat bantu itu mengaku sangat bersyukur kedua anak kembar buah hati Kholida dan Nunung, akhirnya bisa diringankan bebannya. Selain untuk Desita dan Desifa, pemberian alat bantu oleh TP PKK dan Bagian Soskesra Setda, menurut Singgih juga diberikan kepada salah satu difabel asal Kalialang. “Di Kalialang bantuan berupa kruk penyangga diserahkan kepada Musyafa, penderita lumpuh layu” terang Singgih.
Bakti Sosial penyerahan bantuan dalam rangka hari Ibu, menurut Heri masih akan berlanjut di Sapuran, Kepil, Kalikajar dan Leksono. “Masih ada setidaknya 13 difabel lagi yang akan menerima bantuan alat di beberapa Kecamatan,” pungkas Heri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here