Dieng Semakin Ramai, Kebutuhan Pemandu Wisata Meningkat

WONOSOBOZONE – Kebutuhan akan tour guide, alias pemandu wisata untuk kawasan wisata Dieng meningkat seiring kian ramainya kunjungan wisatawan. Gelagat positif itu ditangkap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo dengan meningkatkan upaya sertifikasi pemandu wisata, melalui pelatihan secara simultan. Salah satunya terlihat pada Rabu (22/3), ketika tak kurang dari 30 warga Kejajar mengikuti pelatihan bagi para pemandu wisata di Restoran Kampung Dieng, Garung. Kepala Bidang Pemasaran Disparbud, Bambang Triyono saat ditemui di sela pelatihan mengatakan pihaknya berupaya mengantisipasi kebutuhan layanan pariwisata demi memberikan servis optimal bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Wonosobo, khususnya di dataran tinggi Dieng.

“Kami menggandeng Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Wonosobo untuk melatih warga yang memang berminat menjadi guide, agar kedepan mereka juga mampu berperan dalam upaya meningkatkan layanan kepariwisataan di kawasan Dieng,” jelas Bambang. Diberikannya pelatihan, menurut Bambang juga demi menghindarkan adanya praktik pemandu wisata liar yang selama ini sering dikeluhkan wisatawan. Dengan menjalani pelatihan selama tiga hari, para peserta dikatakan Bambang akan mendapatkan sertifikat serta kartu keanggotaan resmi sebagai bagian dari HPI Wonosobo.

Mendesaknya pemenuhan kebutuhan akan pemandu wisata resmi bersertifikat juga diakui Agus Dwijono, guide senior yang juga merupakan pengurus aktif HPI Wonosobo. HPI, menurut Agus sangat serius dalam mengupayakan tersedianya tenaga pramuwisata dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kepada para pengunjung berbagai objek wisata di Dieng. “Kunjungan wisatawan ke Dieng kian meningkat beberapa waktu terakhir, sehingga apabila tidak kita imbangi dengan tersedianya pelayanan yang lebih baik, tentu berpotensi mengecewakan mereka,” tegas Agus. Demi memberikan pelatihan berkualitas pula, Agus mengakui pihak HPI menghadirkan beberapa narasumber kompeten yang mampu mendorong dan memotivasi para peserta pelatihan untuk berpikiran maju dan lebih serius menekuni kepariwisataan.

“Selama tiga hari pelatihan, para peserta akan diberikan materi-materi seputar dunia pariwisata di Wonosobo, khususnya Dieng oleh narasumber-narasumber kompeten,” tegasnya. Narasumber yang dihadirkan HPI, dibeber Agus di antaranya adalah Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo, mantan Kepala Pariwisata, Agus Purnomo, Ketua HPI Wonosobo, Salim Baasyir serta para pemandu senior lain yang juga akan mengajak mereka ke lapangan pada hari terakhir tanggal 24 Maret mendatang. Para narasumber, selain memberikan dorongan dan motivasi, juga secara gamblang menjelaskan kondisi dan situasi terkini, termasuk potensi-potensi yang ada di kawasan Dieng dan objek wisata lain di Wonosobo.

(Danang Hari Purnomo –Staf Diskotik Pemkab Wonosobo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here