Dieng Plateu Masuk Nominasi Dataran Tinggi Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia 2016

Foto: Instagram / @novemlawalata

WONOSOBOZONE – Pemerintah Indonesia sudah menetapkan bahwa Pariwisata merupakan sektor yang harus dikembangkan sebagai penggerak perekonomian dalam negeri. Hal tersebut ditegaskan kembali dengan pencanangan target 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019/2020. Bergerak dari hal tersebutlah maka ayojalanjalan.com dibentuk sebagai majalah web pariwisata pertama di Indonesia. Disamping mengambil peran sebagai penggiat pengembangan Pariwisata Indonesia, ayojalanjalan.com juga berusaha seoptimal mungkin untuk selalu mempromosikan pariwisata Indonesia baik untuk para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.  Salah satu wujud nyata dalam upaya pengembangan Pariwisata Indonesia tersebut diterapkan dengan membuat program kegiatan Anugerah Pesona Indonesia. 
Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama para pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.
Pada penyelenggaraannya, API dimulai dengan mengajak masyarakat untuk memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terbaik ataupun terpopuler menurut pendapat mereka. Pemilihan dilakukan dengan cara yang mudah cukup dengan memasukan email kemudian klik Vote untuk memilih opsi yang telah ditentukan berdasarkan kategori yang telah disiapkan. Dari hasil pemilihan masyarakat tersebutlah akan didapatkan destinasi atau obyek wisata terpopuler pada setiap kategori.
Setelah pelaksanaan pemilihan ditutup, maka penyelenggaraan API diakhiri dengan malam Penghargaan API yang dikemas dalam bentuk Gala Dinner. Pada saat itu, akan dilakukan penyerahan penghargaan bagi destinasi atau obyek wisata yang paling banyak terpilih. Penghargaan itu sendiri rencananya akan diberikan oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia kepada Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) dimana destinasi atau obyek wisata tersebut berada. 


Adapun detail tahapan pelaksanaan kegiatan Anugerah Pesona Indonesia adalah sebagai berikut :
  1. Peluncuran resmi Kegiatan Anugerah Pesona Indonesia dilakukan tanggal 25 Mei 2016.
  2. Periode pemilihan (voting) dilakukan antara tanggal 23 Mei 2016 s/d 23 Agustus 2016.
  3. Gala Dinner dan penyerahan piala penghargaan Anugerah Pesona Indonesia diselenggarakan pada tanggal 16 September 2016.
Dalam Program Anugerah Pesona Indonesia 2016, ayojalanjalan.com menetapkan 10 kategoro yang dilombakan. Salah satunya Kategoro ” Dataran Tinggi Terpopuler ” ( Most Popular Highland ) yang diikuti 11 Destinasi Wisata yakni:
  1. Bromo Tengger – Jawa Timur
  2. Bukit Penjamur Bengkayang – Kalimantan Barat
  3. Dataran Tinggi Dieng – Jawa Tengah
  4. Gunung Jayawijaya – Papua
  5. Gunung Kelimutu – Nusa Tenggara Timur
  6. Gunung Kerinci – Jambi
  7. Gunung Matantimali – Sigi, Sulawesi Tengah
  8.  Gunung Rinjani – Nusa Tenggara Barat
  9. Gunung Sibayak – Sumatera Utara
  10. Ngarai Sianok – Sumatera Barat
  11. Patan Terong Dataran Tinggi Gayo – Nanggroe Aceh Darussalam
Yuk, warga Jawa Tengah khususnya warga Wonosobo dan Banjarnegara, mari ikut berpartisipasi dalam Anugerah Pesona Indonesia 2016 dengan memberi voting Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah sebagai Dataran Tinggi Terpopuler 2016. Untuk vote KLIK DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here