Dieng Menjadi Dataran Tinggi Populer di Anugerah Pesona Indonesia

WONOSOBOZONE – Dataran tinggi Dieng kian eksis sebagai salah satu destinasi wisata favorit para pelancong. Hasil jajak pendapat yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, melalui gelaran Anugerah Pesona Indonesia (API) 2016, semakin mengukuhkan hal itu. Dari hasil rekapitulasi suara, yang dipungut melalui media online mulai 23 Mei – 23 Agustus 2016 dan diikuti lebih dari 57 Ribu suara itu, Dieng mampu tampil sebagai runner up kategori dataran tinggi paling diminati turis domestik maupun mancanegara, setelah Gunung Kerinci, Jambi. Atas prestasi tersebut, Dieng pun berhak atas penghargaan API 2016. Kepala Kantor Parekraf Wonosobo, Agus Purnomo yang menerima penghargaan tersebut langsung dari Menteri Pariwisata RI, Arif Yahya di Balairung Soesilo Sudarman, Komplek Kemenpar RI, Jum’at malam (16/9), mengaku bangga dan sangat bersyukur.

“Ini untuk Dieng dan seluruh warga masyarakat di sekitarnya, agar mereka juga turut merasakan kebanggaan yang sama,” ungkap Agus melalui sambungan telpon, sesaat setelah menerima penghargaan. Menurutnya, Dieng dengan segala potensi yang ada memang semakin intens dikunjungi wisatawan, baik dari dalam Negeri maupun mancanegara, sehingga ia tak begitu terkejut saat mendapat informasi bahwa API 2016 memasukkannya dalam kategori dataran tinggi favorit di Indonesia. Dari tahun ke tahun, Dieng diakui Agus terus menunjukkan peningkatan jumlah kunjungan, dan berkontribusi lebih dari 80% PAD sektor Pariwisata.

Namun demikian, Agus juga berharap, seiring dengan diterimanya penghargaan API 2016, warga masyarakat di sekitar kawasan Dieng semakin menyadari berbagai hal penting. “Kesadaran terhadap kepariwisataan dan sapta pesona, termasuk bagaimana menjaga keramahan, kenyamanan, serta kebersihan saya harapkan semakin meningkat,” lanjutnya. Dengan semakin sadarnya warga, Agus meyakini ke depan Dieng dengan segala pesonanya bakal terus menjadi primadona, tak hanya di lingkup Jawa Tengah atau Indonesia saja, melainkan sampai ke berbagai belahan dunia.

Harapan tersebut, menurut Agus selaras dengan pesan dari Menpar RI, Arief Yahya. Menteri Pariwisata RI, menurut Agus menghimbau kepada masyarakat dan Pemda setempat untuk mengembangkan pariwisata secara inovatif dengan memanfaatkan teknologi terkini. Salah satunya, dikatakan Agus adalah dengan melibatkan e-commerce berbasis teknologi informasi (TI). “Bergeraknya sistem IT, dikatakan Menpar memiliki dampak yang sangat signifikan dalam perkembangan kepariwisataan Indonesia,” pungkas Agus.

Wonosobo kab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here