Dieng Akan Kembali Ditata Untuk Menarik Wisatawan, Kemungkinan Butuh Dana Rp100 Miliar


WONOSOBOZONE – Kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng yang meliputi Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, dan Pekalongan, akan kembali ditata dengan melakukan penhijauan.

“Dieng ingin saya tata kembali, dihijaukan kembali. Mungkin butuh dana Rp100 miliar,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberi sambutan dalam pembukaan `Dieng Culture Festival (DCF) 2015` di kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jumat (31/7/2015).

Dengan begitu, ia mengharapkan petani kentang di Dataran Tinggi Dieng untuk mengurangi penggunaan bukit yang mulai gundul agar terhindar dari bencana kekeringan seperti yang dialami sekitar 10 persen desa di Jateng.

“Infrastruktur Dieng akan dibenahi agar bisa dijual ke wisatawan mancanegara,” ucapnya.

Selain itu, kata Ganjar, Pemerintah Provinsi Jateng akan menyiapkan beberapa jalan tembus agar masyarakat lebih mudah untuk mengakses Dieng.

Selama ini, kata dia, akses yang paling mudah melalui Wonosobo sehingga masyarakat sering beranggapan jika Dataran Tinggi Dieng berada di kabupaten tersebut.

Padahal, lanjut dia, kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng berada di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Dia mengharapkan masyarakat untuk menghidupkan roh wisata Dataran Tinggi Dieng yang berakar pada kebudayaan dan keindahan alam. *ant


(Oni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here