Di Dieng Ada Keturunan Rambut Gembel, Di Sigedang Ada Keturunan Cebol

Desa Unik Ada Dataran Tinggi Dieng (Foto: Alfan M.)
WONOSOBOZONE – Dusun Sigedang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki keunikan. Betapa tidak, di dusun yang terletak di lereng Pegunungan Dieng ini terdapat puluhan orang berbadan cebol. Selain kerdil, juga ada sejumlah anak berambut gimbal atau disebut anak bajang.
Tidak seperti Rabut Gembel hampir semua Desa di Dataran tinggi Dieng pasti ada muncul rambut gambel bahkan ada yang di lereng Gunung Sindoro dan Sumbing kalau rambut gembel konon katanya kesawaban dari Kanjeng Ky Kolodete yang Babat tanah Dieng.
Pada tahun ini di Desa Sigedang tercatat ada 7 orang kerdil, bahkan pada tahun 2008 tercatat 20 orang kerdil.
Di Dusun Sigedang ini pula pernah hidup manusia terpendek di dunia yang hanya memiliki ketinggian sekitar 40 centimeter. Sayangnya orang tersebut telah meninggal dunia 12 tahun silam di usia 60 tahun.
Tidak ada yang mengetahui pasti hal yang melatarbelakangi ukuran tubuh tidak normal ini. Namun, menurut kepercayaan masyarakat, kekerdilan itu disebabkan faktor keturunan. Warga berharap pemerintah memberikan perhatian kepada orang-orang ini agar mereka mempunyai masa depan layaknya orang normal lain. Untuk tetap bertahan hidup, aktivitas keseharian mereka pada umumnya mencari rumput pakan ternak serta bertani jagung.
Faktor Gizi
Ditilik dari kacamata medis, lahirnya keturunan orang-orang ’’kecil’’ ini disebabkan kekurangan gizi sebelum maupun sesudah kelahiran. Dalam kasus keturunan kerdil di Sigedang terdapat kekurangan yodium karena hanya terserap 33 persen.
Kekurangan gizi jenis mikro dipengaruhi oleh minimnya asupan yodium dan mineral. Selain itu, tingkat konsumsi kubis di wilayah tersebut cukup tinggi. Padahal kubis menjadi faktor penyerap yodium paling besar dari dalam tubuh.
Tingkat pemenuhan asupan gizi di seluruh Kabupaten Wonosobo baru tercapai 45 persen. Padahal minimal seseorang dapat dikatakan sehat dan gizi sempurna jika menyerap 80 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here