Deteksi Dini Kanker Serviks, Ratusan Anggota DWP dan ASN Perempuan Ikuti Pemeriksaan Gratis PAP Smear

WONOSOBOZONE – Salah satu upaya mencegah kanker leher rahim, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Wonosobo bekerja sama dengan Puskesmas Wonosobo I, BPJS Kesehatan dan Laboratorium Klinik Sarana Medika Yogyakarta, menggelar pemeriksaan gratis PAP Smear, Senin, 24 Oktober di Puskesmas Wonosobo I.
Menurut Kepala Puskesmas Wonosobo I, yang juga menjabat Ketua Panitia HUT DWP ke-17 Kabupaten Wonosobo, dr.Lilis Riyatno, pemeriksaan kali ini, selain sebagai deteksi dini kanker serviks, juga sebagai rangkaian peringatan HUT DWP ke 17 dan Hari Kesehatan Nasional ke 52, dengan target peserta sebanyak 175 orang. 
Pemeriksaan ini juga sebagai wahana sosialisasi kesehatan, untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada ibu-ibu dan wanita agar semakin memperhatikan kesehatan dirinya, sehingga bisa ikut meningkatkan kesejahteraan anggota DWP dan ASN perempuan. 
Menurutnya, pemeriksaan PAP Smear sangat penting untuk kalangan wanita yang telah berkeluarga secara berkala. PAP Smear merupakan metode (screening) ginekologi untuk pemeriksaan leher rahim (serviks) dan bisa dilakukan oleh dokter kandungan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui adanya HPV atau sel karsinoma penyebab kanker leher rahim sejak dini.
Pemeriksaan sendiri lebih diutamakan pada perempuan yang sudah pernah melakukan hubungan seksual. Bahkan perempuan yang pernah melakukan hubungan seksual selama tiga tahun dari kontak seksual pertama kali, dianjurkan melakukan PAP Smear. 
Diharapkan dengan adanya pemeriksaan PAP Smear ini, akan semakin banyak para ibu rumah tangga dan karyawati perempuan dengan kesadarannya melakukan pemeriksaan, sehingga apabila terjadi gejala-gejala maka sesegera mungkin dapat diketahui dan ditangani secepatnya. Karena dari pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA terakhir di Puskesmas Wonosobo I, sekitar 10% dari yang diperiksa hasilnya positif. Jadi diharapkan para perempuan di Wonosobo semakin responsif terhadap kesehatan dirinya, khususnya yang berhubungan dengan leher rahim. Terkait pemeriksaan PAP Smear gratis, jika masih dibutuhkan, akan dilakukan kembali pada tanggal 3 November.
Lilis menambahkan, selain pemeriksaan PAP Smear, pihaknya juga menganjurkan kepada para ibu, untuk melakukan Sadari (pemeriksaan payudara sendiri). Pemeriksaan ini sangat penting sebagai deteksi dini kanker payudara, yang secara sederhana bisa dilakukan oleh setiap ibu di rumah. 
Sementara Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Wonosobo, Ny.Wati Eko Sutrisni menyampaikan, kanker saat ini masih menduduki posisi tinggi untuk penyebab kematian seorang ibu. Sedangkan kebanyakan kaum perempuan masih belum menyadari dan belum ada inisiatif untuk memeriksakan sendiri.
Ia berharap, dari pemeriksaan kali ini tidak ada yang terindikasi, kalaupun ada bisa secara dini segera dilakukan pengobatan. Untuk pemeriksaan gratis PAP Smear kali ini, walaupun secara kuota hanya 175 orang, dengan anggota DWP yang ribuan, berharap di lain kesempatan dengan BPJS Kesehatan bisa dilakukan kerjasama lagi, sehingga secara bertahap semua anggota yang sudah terfasilitasi program BPJS bisa mengikuti program ini.
Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu kegiatan kali ini, baik dari BPJS, Laboratorium Sarana Medika Yogyakarta maupun Puskesmas Wonosobo I.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here