Dengan E-Marketing UMKM Diminta Go Internasional

WONOSOBOZONE  – Dengan memanfaatkan E-Marketing UMKM di minta go Internasional, dan harus mampu  menembus pasar Global. Demikian ditegaskan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo Fairus Eko Purnomo saat membuka acara pelatihan E-Marketing yang diselenggarakan Dinas Perdagangan Koperasi UKM bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK, di Hotel Cabin Tanjung Senin (13/11).

 

Fairus mengatakan UMKM Wonosobo harus mampu meningkatkan kualitas diri dengan mengembangkan keahlian dan ilmu pengetahunnya masing-masing agar mampu menembus pasar global. Sehingga mampu menguasai pasaran dengan produk berkualitas, serta mampu meningkatkan produksi, sehingga akan berdampak pada perluasan lapangan kerja, dan dapat mengurangi pengangguran dengan bertambahnya wirausaha baru.

 

Terkait Pelatihan E-Marketing Fairus menyampaikan apresiasi positif, karena menurutnya  melalui kegiatan tersebut dinilai dapat meningkatkan kemampuan ketrampilan para UMKM untuk lebih meningkatkan pendapatan dari usaha yang ada. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat yang menjadi tugas dan tanggungjawab semua instansi, lembaga, komunitas dan seluruh elemen yang ada di masyarakat itu sendiri.

 

Sehingga menurutnya “Semua harus bekerja keras  untuk membina para pelaku industri rumahan, usaha mikro kecil dan menengah serta harus menanamkan rasa cinta terhadap produk lokal/daerah sendiri, sehingga terjadi peningkatan produk dari segi kualitas dan kuantitas dengan daya saing dan daya jual tinggi dan laku keras di pasaran”, katanya,

 

Lanjutnya, dikatakan Fairus “Dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean dimana terjadi perdagangan barang, jasa, modal dan investasi yang bergerak bebas tanpa halangan secara geografis, jika dilihat dari segi sumber daya manusianya ada beberapa persoalan mendasar yang harus dihadapi, yakni pekerja di dominasi oleh pekerja dengan pendidikan rendah sehingga mengakibatkan produktifitas tenaga kerja menjadi rendah, dan juga rendahnya jumlah wirausaha baru yang menghambat percepatan perluasan kesempatan kerja, serta meningkatnya jumlah pengangguran tenaga kerja terdidik akibat ketidaksesuaian antara lulusan Perguruan Tinggi dengan kebutuhan pasar tenaga kerja”.

 

Sehingga pelatihan ini perlu dilakukan guna meningkatkan motivasi untuk berfikir jauh kedepan (Out Of The Box), dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan memiliki kemampuan melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui media elektronik, sehingga dalam melakukan aktifitas pemasarannya akan lebih efektif dan terarah.

 

Para peserta diharapkan bisa mengambil manfaat dari pelatihan tersebut, dengan E-Marketing ini peserta mampu melakukan pemasaran produk tak terbatas waktu karena dapat diakses 24 jam. Mampu menjangkau pasar yang lebih luas sampai ke manca negara, mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu memiliki outlet, membuat brosur spanduk dan lain-lain. Serta memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang chating atau email di jaringan internet, sehingga dapat memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan global.

 

Sementara pelatihan E-Marketing diberikan kepada  100 UMKM binaan PKK Kabupaten Wonosobo yang tersebar di limabelas Kecamatan. Peserta pelatihan dibagi dalam dua gelombang yang dilaksanakan selama dua hari, dimulai Senin 13 November, dengan menghadirkan nara sumber dari PT. Forta Globalindo Perkasa E-Commerce Jakarta.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here