Dekranasda Tingkatkan Daya Saing UMKM

WONOSOBOZONE – Dewan Kerajinan Nasional daerah (Dekranasda) harus mampu untuk terus berperan dalam meningkatkan daya saing UMKM serta ekonomi kreatif, melalui peningkatan kuantitas dan kualitas produk. Demikian disampaikan ketua Dekranasda Kabupaten Wonosobo, Fairuz Eko Purnomo, usai mengukuhkan Pengurus Dekranasda Kabupaten Wonosobo Periode 2016-2021. Bertempat di Pendopo Bupati, Senin (15/08).
Fairuz juga menyampaikan bahwa keberadaan Dekranasda juga harus mampu menjembatani kepentingan masyarakat dan mempercepat proses pembinaan dan pengembangan produk kerajinan sesuai dengan potensi yang kita miliki. Memberikan motivasi kepada UMKM daerah, agar memiliki semangat berwira usaha serta kesiapan bersaing menghadapi perdagangan bebas baik di tingkat global, atau khususnya menghadapi pasar bebas ASEAN yang telah  diberlakukan sejak tahun 2015. Tetapi hal tersebut tidak mudah untuk dilaksanakan, oleh karena Fairuz berharap kerjasama, dukungan serta terjalinnya koordinasi dari UMKM dan pelaku usaha ekonomi kreatif serta OPD Kabupaten Wonosobo, untuk memberikan fasilitasi dan pembinaan terhadap para perajin, sebagai upaya kita bersama dalam meningkatkan daya saing produk UMKM serta ekonomi kreatif melalui peningkatan kualitas, desain, kemasan dan branding.
Sementara pada kesempatan itu Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, SE. MM, menyampaikan bahwa UMKM memiliki peran yang sangat strategis serta menopang bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Wonosobo. Hal ini dapat dilihat dari besarnya investasi yang mencapai kurang lebih Rp. 150 Milyar serta turut andil dalam menyerap tenaga kerja sebanyak 179.427 orang pada tahun 2015. Di satu sisi kondisi UMKM dan ekonomi kreatif masih menghadapi berbagai macam tantangan, seperti masih rendahnya produktivitas, keterbatasan akses kepada sumber daya produktif baik teknologi, informasi dan pasar, kualitas sumber daya manusia yang rendah serta iklim usaha yang belum menunjang secara optimal, maupun dukungan pembiayaan modal kerja dan investasi serta cakupan pendanaan yang diperlukan lainnya terhadap pengembangan UMKM masih sangat kurang memadai. Oleh karena itu diharapkan kepada Dekranasda,sebagai mitra pemerintah untuk dapat mengambil peran mengatasi permasalahan yang dihadapi UMKM dan ekonomi kretaif, melalui konsep-konsep yang segar tentunya serta serasi dan sinergi dengan program pemerintah daerah, terutama dalam menggerakkan sektor ekonomi potensial berbasis masyarakat tersebut menjadi peluang usaha bagi masyarakat Wonosobo.
Usai pengukuhan, ketua dan pengurus Dekranasda, Fokopinda, dan tamu undangan, meninjau Showroom Dekranasda Kabupaten Wonosobo,yang berada di gerbang terminal Mendolo, untuk melihat berbagai produk kerajinan dari pengrajin pengrajin Wonosobo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here