CURAH HUJAN TINGGI, RUMAH WARGA DI KEBUMEN TERENDAM BANJIR.


KEBUMEN – Hujan deras semalaman sejak Rabu malam (16/1/2019), membuat tanggul saluran induk irigasi Waduk Sempor di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), jebol. Akibatnya, banjir menerjang rumah-rumah warga, Kamis pagi (17/1/2019).

Dikutip dari Inews.id, hingga Kamis pagi, air yang berasal dari saluran irigasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, masih mengalir deras ke pemukiman warga. Hal ini membuat warga semakin panik. Mereka berusaha untuk menyelamatkan barang-barang berharganya.

Sejumlah pepohonan yang berada di dekat rumah warga juga bertumbangan karena angin kencang yang bersamaan dengan hujan deras pada Rabu malam. Warga mengaku menderita kerugian hingga jutaan rupiah akibat kejadian ini.

“Selain terendam, rumahku juga rusak karena terkena pohon yang tumbang. Rumah saudara juga. Banyak barang yang rusak, televisi, kulkas, perabotan-perabotan di dapur, sepeda motor,” kata salah satu warga, Sodiah.

Kepala Desa Wonorejo Sutikno mengatakan, data yang dia peroleh, tanggul yang jebol menyebabkan tujuh rumah warga rusak Sejumlah barang-barang milik warga juga hilang terbawa arus air dan sebagian lagi rusak karena terendam banjir.

“Ada dua yang rusak parah. Kami sedang bergotong royong dengan warga untuk menahan tanggul dengan peralatan dan material seadanya,” kata Sutikno.

Menurut dia, tanggul saluran irigasi yang berhulu dari Waduk Sempor Karangayar jebol karena tak kuat menampung debit air yang tinggi. Apalagi, hujan turun sejak Rabu malam hingga Kamis tadi pagi.

“Hujan turun terus-menerus, jadi enggak kuat menahan limpahan air. Akhirnya tanggul saluran irigasi yang dekat dengan permukiman penduduk jebol dan membanjiri rumah warga yang berada di bawahnya,” kata Sutikno.

Meskipun kejadian ini menmbuat rumah warga dan barang-barang hanyut dibawa arus air, warga desa setempat belum berniat untuk mengungsi. Mereka beralasan rumahnya masih bisa dihuni dan air akan surut.

BACA JUGA:  Konser Rock Kemanusian akan digelar di Wonosobo

Dikutip dari Tanggul Waduk Sempor Kebumen Jebol Rumah Warga Diterjang Banjir”
Penulis: Joe Hartono
Foto: Joe Hartonp
Link: https://www.inews.id/daerah/jateng/tanggul-waduk-sempor-kebumen-jebol-rumah-warga-diterjang-banjir/432661

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.