Command Centre Siap, Bupati Bisa Pantau Pajak Hingga Pilpres Dari Ruang Kerja

WONOSOBOZONE – Ruang kerja Bupati Wonosobo di komplek Sekretariat Daerah kini dilengkapi dengan Command Centre. Melalui monitor layar lebar yang terpasang dan terhubung dengan jaringan internet, Bupati dapat menggunakan command centre tersebut untuk berbagai keperluan, seperti monitoring situasi lalu lintas di sejumlah titik, memantau pajak daerah, hingga melakukan teleconference dengan pimpinan OPD di lingkup Pemkab.

Bahkan pada 17 April mendatang, melalui sambungan video call, Bupati juga akan dapat memantau pelaksanaan perhitungan suara hasil Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legistlatif secara real time di 15 Kecamatan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Eko Suryantoro menjelaskan berbagai fungsi command centre hasil kolaborasi Pemkab dengan PT Telkom dan PT ICON Plus Indonesia tersebut, dalam acara syukuran dan uji coba sambungan video call di ruang kerja Bupati, Selasa (5/3).

Command Centre yang merupakan modernisasi dari Ruang Kendali, menurut Eko menjadi salah satu wujud keseriusan pemerintah untuk mewujudkan Wonosobo sebagai Smart City dan Smart Regency.

“Belum lama ini Kabupaten Wonosobo menjadi salah satu dari 125 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang mendapat undangan untuk memaparkan perihal sejauh mana progress smart city di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI,” terang Eko.

Dari paparan tersebut, Eko mengaku pihaknya cukup optimis Wonosobo akan menjadi salah satu dari 25 Kabupaten/Kota yang dipilih oleh Kemenkominfo untuk mendapat pendampingan langsung dalam rangka menuntaskan program smart city.

Pihak Kementerian Kominfo disebut Eko juga mengakui bahwa Wonosobo sudah berada dalam jalur yang tepat menuju smart City maupun Smart Regency.

Salah satu yang menjadi alasan pemilihan assessment atau pendampingan, menurutnya adalah adanya komitmen dari pimpinan daerah, dalam hal ini Bupati untuk mendukung terwujudnya Smart City.

BACA JUGA:  PEDULI PENDIDIKAN, BANK JATENG SUPPORT MOBIL UNTUK DISDIKPORA WONOSOBO

“Bupati Eko Purnomo sejauh ini telah menunjukkan komitmen dan dukungan kuat kepada Dinas Komunikasi dan Informatika dalam rangka mewujudkan cita-cita prestisius ini,” tandasnya.

Hal itu dibenarkan sendiri oleh Bupati Eko Purnomo di sela melakukan video Conference dengan perwakilan PT Telkom Cabang Magelang.

Smart City diakui Bupati menjadi salah satu program yang diseriusi Pemkab mengingat dukungan dari berbagai pihak juga mengalir.

Kepada PT Telkom maupun PT Icon Plus Indonesia sebagai mitra Pemkab yang selama ini telah menunjukkan dukungan nyata, Bupati menyampaikan terimakasih dan apresiasi serta meminta agar kedepan dapat terus bermitra.

Sejumlah titik yang telah difasilitasi sebagai ruang publik berjaringan internet gratis seperti di taman Fatmawati dan Taman Kartini, dikatakan Bupati sudah bisa digunakan warga masyarakat.

“Kami meminta agar ada tambahan di seputar pasar Selomerto dan Terminal Mendolo,” imbuh Bupati.

Dengan komitmen semua pihak terkait, Bupati juga mengungkapkan Optimisme Wonosobo mampu menjadi Kabupaten Pintar alias Smart Regency yang bakal berimbas pada kemajuan warga masyarakat beserta tingkat ekonomi dan kesejahteraannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.