Celeng Serang Ratusan Hektare Tanaman di Wonosobo

WONOSOBOZONE – Ratusan hektare tanaman palawija dan sayuran di lahan pertanian warga Desa Mlandi dan Desa Tlogo Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah dalam beberapa hari terakhir rusak diserang kawanan celeng atau babi hutan.
Warga Mlandi Kecamatan Garung, Wagiyo (44) mengatakan, perburuan massal yang dilakukan masyarakat belum berhasil menangkap satu pun celeng yang menjadi musuh petani tersebut.
Selain diburu secara massal, katanya, sejumlah pemburu juga telah memasang jaring jebakan di kebun perbatasan Desa Tlogo dan Desa Mlandi hingga kawasan perbatasan wilayah Kejajar.
“Kawanan celeng turun pada sore hingga malam hari. Dalam beberapa bulan terakhir kawanan celeng telah merusak lahan warga dan satu bulan terakhir ulah kawanan celeng ini cukup membuat resah warga, karena lahan yang dirusak cukup luas,” katanya, Jumat (27/2).
Camat Garung Santoso berencana menggelar musyawarah dengan para tokoh masyarakat dan petani untuk menemukan solusi tepat guna mengatasi permasalahan celeng tersebut.
Ia mengatakan, pihaknya sudah meminta bantuan Perbakin Wonosobo untuk melakukan perburuan.
Ia menyebutkan berdasarkan pendataan sementara, seluas 90 hektare lahan di Dusun Sirangkel, Desa Mlandi dan 43 hektare lahan di Dusun Tempuran, Desa Tlogo telah habis diserang celeng.
Penulis: /LIS
Sumber:Antara

lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here