Cegah Tanah Longsor, Warga Maron Lakukan Reboisasi Dengan Menanam Kopi

WONOSOBOZONE – Sebagai bentuk upaya konservasi terhadap alam serta kegiatan reboisasi dilahan kritis, para pegiat lingkungan yang dimotori oleh PT. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta, melakukan penanaman sejumlah 2000 bibit kopi jenis arabica di lahan kritis sekitar objek wisata bukit cinta di Desa Maron Kecamatan Garung, Kamis (5/9).

Menurut Manager UP3 PLN Purwokerto Armunanto mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah sebagai upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan lingkungan sekitar. “Kami sebagai BUMN ingin peduli terhadap lingkungan dan tidak melulu berkecimpung di dunia listrik,” katanya.

Selain menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, Armunanto juga berharap, penanaman kopi tersebut nantinya bisa mengurangi penyebab tanah longsor disekitar tebing serta bisa membuat tanah yang gersang menjadi subur dengan upaya penghijauan. “Ditelaga menjer ini kan daerah rawan longsor yang nantinya bisa menambah sedimentasi dan merugikan lingkungan sekitar,” tambahnya.

Melihat potensi nilai ekonomi dari kopi yang cukup tinggi, Armunato menjelaskan, jika kopi dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin kopi dari Maron ini akan menjadi produk kopi unggulan, sehingga bisa menambah nilai income khususnya untuk masyarakat sekitar. “Kopi didaerah Maron ini enak, apalagi cara penyajiannya,” tandasnya.

Sementara itu Marji selaku Kepala Desa Maron, menyambut baik kegiatan reboisasi tersebut, mengingat saat ini disekitar Desa Maron ada sekitar 10.000 lahan kritis. “Setiap tahun kita anggarkan dari dana desa untuk kegiatan reboisasi,” ungkapnya.

Marji berharap, kegiatan tersebut bukan hanya semacam ceremonial belaka, “Langkah motinoring pasca kegiatan sangatlah penting, jadi ada tindak lanjut berupa perawatan, dan pemeriksaan, agar masyarakat yang menanam merasa dihargai dan ada kepedulian lebih lanjut dari pihak-pihak yang telah memberikan bantuan,” pungkasnya. (W)

BACA JUGA:  Kirim 6 Kafilah, Wonosobo Optimis Tuai Hasil Positif Di MHQ Pesantren Se-Jateng

Reporter : Ilham Ardha

Penulis : Wahyu Tri

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.