Cegah Kebakaran Sejak Dini, Warga Jaraksari Gunakan Mesin Pawang Geni

WONOSOBOZONE – Bertempat di lapangan sepak bola Kelurahan Jaraksari pada Selasa, (15/01/2019), puluhan warga berbondong-bondong memadati lapangan untuk mengikuti sosialisasi pemadaman kebakaran.

Sosialisasi dan cara penggunaan mesin pemadam pawang geni dipandu langsung oleh tim dari program Kotaku, yaitu Muhammad Fahrian Arifudin.

Pria yang kerap disapa dengan panggilan Rian ini menjelaskan kepada warga Kelurahan Jaraksari cara pemakaian mesin pemadam tersebut secara rinci, mulai dari cara pengisian air, menyalakan mesin,cara penyemprotan saat mesin akan digunakan, hinga cara perawatanya.

Ditempat yang sama, Lurah Jaraksari Akhmad Nuri Utomo juga menjelaskan, di Kelurahan Jaraksari mendapat bantuan tiga unit mesin pawang geni pemadam kebakaran. Tiga mesin pemadam tersebut, lanjut Nuri, berasal dari program Kotaku yang dinaungi langsung oleh Kementrian PUPR pada akhir tahun 2018 kemaren.

Nuri juga menambahkan, dengan adanya tiga unit mesin pemadam tersebut sebenarnya masih kurang, karena baru mencakup tiga RW di Kelurahan Jaraksari.

“Jadi luas wilayah Jaraksari yang padat dengan perumahan penduduk belum sepenuhnya terjangkau. Rencana pada tahun ini akan ada penambahan jumlah unit yang nantinya dapat menjangkau di setiap Dusun yang ada di Wilayah Kelurahan Jaraksari. Sementara ini kita sosialisasikan terlebih dahulu cara pemakaian dan perawatanya, hingga dari perwakilan Warga yang hadir nantinya bisa memahami betul kegunaan mesin pemadam kebakaran tersebut,” beber Nuri.

Sosialisasi cara penggunaan mesin pemadam kebakaran tersebut di hadiri oleh beberapa perwakilan element masyarakat dan juga pemerintahan yang meliputi jajaran ketua RW, Ketua RT, Karang Taruna Jaraksari, LKM Jaraksari, hingga Ibu-ibu PKK Jaraksari juga turut hadir.

Terpisah, seorang warga Jaraksari, Miswanto yang ikut hadir pada acara tersebut menyambut gembira dengan adanya program Kotaku yang memberikan bantuan langsung berupa mesin pemadam kebakaran. Selain untuk menambah wawasan juga, kata Miswanto, Kelurahan Jaraksari yang merupakan Kelurahan terpadat penduduk di Kabupaten Wonosobo, menjadi wilayah yang tepat sasaran, karena di wilayah Jaraksari sangat sulit di akses oleh mobil pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran.

BACA JUGA:  Kesehatan Jateng Meningkat, Angka Kematian Ibu dan Bayi turun

“Maka dengan adanya mesin pawang geni tersebut dapat memudahkan warga untuk mendapatkan pertolongan pertama saat terjadi kebakaran. Karena mesin tersebut dapat melewati gang-gang kecil perumahan warga,” pungkas Miswanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.