Cegah Abrasi Sungai Serayu, Polwan Dan PKK Desa Sukoharjo Tanam 100 Bibit Tanaman Keras

WONOSOBOZONE – Ancaman abrasi dari derasnya aliran sungai serayu membuat para petani di Desa Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo gelisah. Kepala Desa Sukoharjo, Samain mengaku dari tahun ke tahun, sungai yang melintas di desanya itu kian lebar sehingga menggerus area persawahan. Hal itu, menurut Samain telah diupayakan penanggulangannya dengan memperbanyak tanaman tegakan di sepanjang tepian sungai. Ternyata, tak hanya para petani dan perangkat desa saja yang peduli dengan kondisi lingkungan di tepian serayu. Jajaran polisi wanita (Polwan) dari Polres Wonosobo pun berempati dan turut membantu mencegah agar abrasi tak semakin menggerus persawahan milik para petani Desa Sukoharjo. Upaya nyata untuk mencegah abrasi oleh para Polwan tersebut terlihat pada Senin (29/8), ketika tak kurang dari 30 anggota Polwan bersama para kader TP PKK Desa setempat menanam 100 bibit pohon tegakan, seperti Mahoni, Suren dan Albasia di tepian Serayu.
Ketua Polwan yang juga Kasubbag Sarana dan Prasarana Polres Wonosobo, AKP Haryati ketika ditemui seusai penanaman menjelaskan bahwa upaya pihaknya mencegah abrasi merupakan bagian dari kepedulian jajaran kepolisian kepada permasalahan yang terjadi di Masyarakat. “Acara menanam di Sukoharjo ini juga dalam rangka memperingati HUT Polwan, dan sebelum ini kami juga sudah menggelar beberapa agenda lain, seperti bakti sosial penyuluhan anti narkoba ke sekolah, membersihkan makam di dukuh Timbang, Mergosari, serta menyantuni anak-anak Yatim Piatu Hj Maryam Kalibeber,” tutur Haryati. Ia berharap dengan adanya beragam kegiatan sosial, termasuk upaya menanam 100 pohon tersebut mampu memberikan manfaat bagi warga masyarakat, serta ada kesadaran untuk memeliharanya.
Senada dengan Haryati, Kapolres AKBP Aziz Andriansyah yang hadir bersama Wakapolres juga menyebut bahwa pihaknya memang berinisiatif untuk mengakomodasi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. “Kebetulan pihak desa Sukoharjo memiliki acara dalam rangka memperingati HUT RI ke-71, dan kami diajak untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan menanam 100 pohon di tepi serayu ini,” jelas Aziz. Mengingat Polwan tengah merayakan ulang tahun juga, Kapolres mengaku sengaja menugaskan mereka untuk bekerjasama dengan kader-kader PKK, sehingga terselenggaralah acara Menanam bersama. Dengan ditanamnya ratusan pohon tegakan di tepian Serayu tersebut, Kapolres berharap areal persawahan tetap terjaga, karena dengan terjaganya persawahan, maka upaya mewujudkan kedaulatan pangan juga lebih mudah dicapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here