BUPATI WONOSOBO KUKUHKAN TIM SABER PUNGLI

WONOSOBOZONE – Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, Rabu (11/01) bertempat di ruang Mangoenkoesoemo Setda, mengukuhkan Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau Satgas Saber Pungli tingkat Kabupaten Wonosobo. Sebagai bentuk komitmen pemberantasan pungutan liar di lingkungan Kabupaten Wonosobo.
Tim Satgas Saber Pungli yang dikukuhkan melibatkan berbagai elemen, dari unsur Kepolisian Polres Wonosobo, TNI Kodim 0707 Wonosobo, Kejaksaan Tinggi Wonosobo dan unsur Pemerintahan Kabupaten Wonosobo. Yang bertujuan untuk memberantas praktik tindak pidana pungutan liar.
Pengukuhan Tim Saber Pungli ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo yang sudah menabuh perang terhadap praktik pungutan liar yang meresahkan masyarakat. Tugas tim tersebut yakni menggali informasi serta melaporkannya kepada pemerintah dan ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang ditetapkan.
Dalam sambutannya, Eko Purnomo, menegaskan jika tata kelola pemerintah yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan Kabupaten Wonosobo, sehingga Tim Saber Pungli merupakan mandat dan amanah dari masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan profesional sehingga cita-cita pembangunan dan optimalisasi pelayanan publik bisa direalisasi dengan baik.
Dijelaskan Eko Purnomo, budaya pungli yang selama ini masih terjadi harus segera dihapus, karena kepemimpinan yang bersih akan memberi dampak positif bagi tumbuh kembang ekonomi yang sehat. “Budaya pungli yang bisa menjadi faktor gratifikasi ini harus segera dihapuskan dari Kabupaten Wonosobo dengan terbentuknya Tim Saber Pungli ini,” tambah Eko.
Bupati Wonosobo juga mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan kepada pemerintah jika menemui praktik pungli, sehingga dari laporan tersebut, pemerintah bisa langsung menindaklanjuti bersama Tim Saber Pungli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here