Bupati Tabur Bunga Di Makam KRT Setjonegoro, Pendiri Wonosobo

WONOSOBOZONE – Bupati Wonosobo, Eko Purnomo bersama unsur pejabat yang tergabung dalam forum koordinasi pimpinan Daerah (FKPD) dan hampir seluruh jajaran Kepala OPD di lingkup Pemkab menggelar ziarah kubur di pusara makam KRT Setjonegoro, Kamis (21/7). Ziarah ke makam yang terletak di Dusun Kauman, Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang tersebut, menurut Bupati ditujukan untuk mengenang jasa kepahlawanan salah satu pendiri Kabupaten Wonosobo. “Ziarah dan tabur bunga di makam Setjonegoro ini menjadi satu rangkaian dengan agenda Hari Jadi Wonosobo ke 191, dan telah menjadi prosesi rutin tahunan,” jelas Bupati saat ditemui seusai memimpin ziarah.
Selain meneruskan tradisi, Eko menyebut ziarah ke makam Bupati pertama Wonosobo itu sebagai upaya Pemkab untuk menghormati kiprah ulama yang dikenal pula dengan Nama Kyai Muhammad Ngarpah itu. “Almarhum KRT Setjonegoro memiliki andil sangat besar dalam membangun Wonosobo, terutama di saat-saat memimpin perlawanan terhadap penjajah Belanda,” lanjut Eko. Selain ke Makam KRT Setjonegoro, Eko menerangkan agenda ziarah makam juga digelar di 7 lokasi lain, yaitu Tumenggung Jogonegoro di Pakuncen, Selomerto, makam Tumenggung Selomanik di Kaliwiro, makam Bupati Mangunkusumo, di Ketinggring, Kecamatan Wonosobo, makam KH Muntaha di Desa Deroduwur, Mojotengah, KH Asmorosufi di Sapuran, dan Makam H Abdul Fatah di Desa Tegalgot, Kepil, “Ada penambahan untuk tahun ini, yaitu 1 Makam di Desa Plobangan, Kecamatan Selomerto, di mana Ki Ageng Wonosobo dikembumikan,” pungkas Bupati.
Sekretaris panitia HUT Wonosobo ke-191, Tri Antoro menyebut kunjungan ziarah dan tabur bunga ke Makam KRT Setjonegoro di Payaman, yang diikuti pula Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama dan puluhan pejabat Daerah tersebut, menjadi penutup agenda ziarah 8 makam pendiri Wonosobo. “Agenda kegiatan dalam rangka Hari Jadi Wonosobo ke-191 lainnya segera menyusul dalam waktu dekat, termasuk puncak prosesi, yang direncanakan akan digelar pada Minggu (24/7) mendatang,” pungkas Tri Antoro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here