Bupati Serahkan Bantuan Kepada 14 PACA dan Sertifikat Tanah

WONOSOBOZONE – Bupati Wonosobo serahkan bantuan kepada 14 penyandang cacat (paca) dan penyerahan sertifikat tanah secara simbolis, saat gelaran Bupati Roadshow di Kecamatan Watumalang, Rabu, 1 Juni.
Keempat belas PACA yang menerima bantuan ini, merupakan hasil seleksi dan masuk skala prioritas dari data TKSK yang ada di kecamatan.
Bantuan uang yang diberikan, berasal dari dua sumber, yakni untuk 10 orang PACA, bantuan diambilkan dari Surplus UPK Watumalang, sedangkan empat orang PACA menerima bantuan yang diambilkan dari Bazda Kabupaten.
Menurut Sekcam Watumalang, Haryono Agus, dari data yang masuk, jumlah paca yang tersebar di wilayah kecamatan dari 15 desa dan 1 kelurahan, ini tercatat kurang lebih 70 orang PACA. Namun karena keterbatasan dana, belum semua PACA mendapat bantuan.
Rencana kedepan pemerintah kecamatan akan terus melakukan perhatian serupa, guna membantu PACA yang ada, tentu saja dengan kerjasama dengan instansi yang berkompeten.
Terkait dengan pemberian serifikat secara simbolis oleh Bupati, Haryono menjelaskan, kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo. Tahun ini sebanyak 150 sertifikat diterbitkan. Sertifikat ini kesemuanya berasal dari Kelurahan Wonoroto, yang kali ini diberikan secara simbolis diberikan kepada dua orang dari kampung Klesem Atas dan Welahan. Rencana tahun depan akan dilakukan lagi program masal sejenis.
Menurut Bupati, pemberian bantuan ini merupakan salah satu bentuk perlindungan dan pemberian jaminan kesejahteraan sosial, yang mana pembangunan bidang kesejahteraan sosial merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan pembangunan di bidang lain, seperti ekonomi, pendidikan maupun infrastruktur. Dan salah satu penyandang masalah kesejahteraan sosial sebagai sasaran dari pembangunan kesejahteraan sosial adalah orang-orang yang berstatus penyandang cacat.
Bupati berharap, bantuan yang diberikan akan mendukung serta bermanfaat bagi penerima, dalam memfungsikan kembali dan mengembangkan kemampuan, khususnya sosial penyandang cacat, agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar sesuai dengan bakat, kemampuan dan pengalaman.
Sementara terkait roadshow sendiri, Bupati mengingatkan kepada Pemerintah Kecamatan, untuk melakukan percepatan pelayanan publik, utamanya pelayanan dokumen administrasi kependudukan, seperti KTP dan KK. Termasuk pelaksanaan pelimpahan urusan pemerintahan yang dilaksanakan kecamatan, tanpa menghilangkan kewenangan yang dilaksanakan pemerintah kabupaten.
Serta meminta kepada Camat, agar benar-benar mengawal pelaksanaan Dana Transfer Desa, sehingga dana besar yang digelontorkan kepada desa, bisa tepat sasaran dan tepat mutu, termasuk meniadakan permasalahan hukum, yang sangat dimungkinkan terjadi, utamanya dalam laporan pertanggungjawaban-nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here