Bupati Serahkan Bantuan APD Ke Dinkes

WONOSOBOZONE.COM – Untuk menunjang tugas tenaga medis dalam penanganan Covid 19 di Kabupaten Wonosobo, Bupati Wonosobo Eko Purnomo, SE. MM, menyerahkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo.

 Didampingi oleh Fairuz Eko Purnomo, Bupati menyerahkan 300 APD kepada Dinas Kesehatan yang diterima oleh Sekretaris Dinkes Kabupaten Wonosobo, dr. M. Riyatno, M.Kes, di Pendopo Bupati, Senin (20/4) kemarin.

Bupati menyampaikan bahwa APD yang diserahkan tersebut nantinya untuk menunjang para tenaga medis yang bertugas dalam penanganan Covid 19 di Kabupaten Wonosobo.

Semoga APD ini bisa membantu para tenaga medis, karena mereka sangat memerlukan APD untuk bersentuhan langsung dalam penanganan Covid-19,” kata Bupati.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Wonosobo, dr. M. Riyatno, menyebut bahwa APD yang ada tetap akan diutamakan untuk petugas kesehatan. Menurutnya yang saat ini ada dan memang kekurangan adalah di puskesmas maupun di gedung gedung karantina yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

“APD ini akan digunakan yang utama untuk gedung karantina yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah yaitu BLK, jika nanti ada kelebihan baru dialokasikan ke puskesmas,” ungkap dr. Riyatno.

Riyatno menjelaskan, untuk kekurangan APD sendiri pihaknya tidak bisa memperkirakan angka tersebut karena kasusnya terus bertambah.

“Otomatis semuanya membutuhkan APD, karena ketika mereka bertugas diruang khusus seperti itu yang bersangkutan harus menggunakan APD lengkap, ini untuk memberikan jaminan kepada mereka bahwa mereka tidak ada resiko tertular dan seterusnya,” jelas dr. Riyatno.

Jubir GTPPC-19 itu juga menambahkan, untuk APD sendiri pemerintah daerah sudah mengalokasikan anggaran untuk itu dan sudah dihitung sesuai dengan proyeksi pertambahan kasus dan proyeksi pertambahan petugas serta lokasi. tetapi kami tidak menutup diri atas atensi dari masyarakat untuk memberikan bantuan dalam bentuk apapun.

BACA JUGA:  Gantikan Muhammad Zuhri, Aziz Wijaya Dilantik Menjadi Pj Sekda Wonosobo

Tapi yang terpenting disini adalah kami berharap masyarakat melindungi dirinya sendiri dulu, penuhilah kebutuhan masker diantara mereka, jaga jarak, jaga kebersihan, hindari tempat keramaian, kalau itu dilakukan dan ditaati oleh masyarakat itu justru akan sangat membantu kami, membantu dalam hal untuk mengurangi angka kesakitan dan munculnya kasus kasus positif yang baru juga akan mengurangi penggunaan belanja dan pembiayaan yang harus kita alokasikan,” tambah dr. Riyatno

“Hingga pertengahan bulan Mei, Insya ALLAH untuk kebutuhan APD masih tercukupi, makanya kita akan terus berproses untu memenuhi kekurangan kekurangan berikutnya. Harapannya kita akan tetap memprioritaskan bahwa APD yang ada di gudang farmasi Dinas Kesehatan Wonosobo diperuntukkan bagi petugas kesehatan yang akan merawat pasien Covid 19,” pungkasnya.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.