Bupati Lepas Kontingen PERGAMANAS II

WONOSOBOZONE – Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, SE.MM, melepas Kontingen Perkemahan Pramuka Penggalang Ma’arif NU Nasional (PERGAMANAS) II, bertempat di Pendopo Bupati Wonosobo, Senin (18/2).

Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU, Dr. Abdul Majid, M.Pd, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa PERGAMANAS adalah event pramuka NU yang diadakan setiap 4 tahun sekali. Dimana pada tahun 2019 ini merupakan PERGAMANAS ke 2, yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur Jawa Barat, Selasa sampai Sabtu, 19-23 Februari.

Abdul majid juga menyampaikan bahwa semangat persatuan, bela negara, dan nasionalisme merupakan kesadaran dan karakter bangsa yang harus dibangun, dipelihara dan ditumbuhkan dalam diri setiap warga melalui pendidikan kepramukaan khususnya. LP Ma’arif NU yang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki peran yang sangat strategis untuk membangun, menumbuhkembangkan semangat bela negara melalui gerakan pramuka, yang diselaraskan dengan pembentukan moral dan akhlaq, dengan tujuan mendorong kesadaran bela negara yang dilandasi dengan akidah ahlusunah wal jama’ah dan nahdliyah.

Menurut Abdul Majid, peserta PERGAMANAS II Kabupaten Wonosobo ini adalah siswa siswi terbaik SMP/MTS dibawah LP Ma’arif yang telah lolos mengikuti 2 kali seleksi. “Kontingen PERGAMANAS II kali ini mengirimkan 32 penggalang Yang terdiri dari 16 putra dan 16 putri, yang terbagi dalam 2 regu putra dan 2 regu putri. Dimana mereka merupakan hasil seleksi dari 160 peserta di tahap pertama, dan 40 peserta di tahap kedua,” jelas Abdul Majid.

“Selain 32 Penggalang, Kontingen Wonosobo juga menyertakan 3 orang pembina putra, 3 orang pembina putri, 1 orang pinkon putra dan 1 orang pinkon putri. Jadi total kontingen Wonosobo berjumlah 40 orang, yang akan tergabung menjadi perwakilan Kontingen Propinsi Jawa Tengah, bersama kontingen kontingen lain yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

BACA JUGA:  TMMD Selesai Anak Sekolah Senang

Dan diharapkan Kontingen Kabupaten Wonosobo bisa ikut membantu Kontingen Jawa Tengah untuk menjadi Juara Umum pada PERGAMANAS II, seperti yang telah diraih pada PERGAMANAS ke 1, dimana Propinsi Jawa tengah menjadi Juara Umum,” pungkas Abdul Majid.

Sementara pada kesempatan itu Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, SE.MM menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan PERGAMAS II ini diharapkan dapat membuahkan manfaat bagi kaum muda Indonesia pada umumnya, dalam membentuk kepribadian luhur, karakter, watak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara, dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak.

“Saya ingin, anak-anak Wonosobo bisa tumbuh menjadi generasi penerus yang selain cerdas intelegensinya, sehat, terampil, kreatif, inovatif, ceria, menguasai teknologi informasi, tetapi juga religius.

Hal ini akan sangat mendukung terciptanya pembangunan yang lebih berkualitas, dan tidak menyalahgunakan kecerdasan dan keterampilan untuk hal-hal yang menyimpang dari ajaran agama, dan cenderung bersifat destruktif atau merusak baik lingkungan, hubungan kemanusiaan, maupun kehidupan secara umum,” pungkas Eko Purnomo.

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.