Bupati Ajak Media Terlibat Aktif Mengawal Tahapan Smart City

WONOSOBOZONE.COM – Salah satu program pembangunan yang layak mendapatkan atensi khusus dari media adalah program kota Cerdas (Smart City), yang kini tengah masuk pada tahapan penyusunan masterplan (Rencana Induk). Bupati Eko Purnomo mengajak kalangan media untuk turut berpartisipasi aktif mengawal progress pembangunan daerah tersebut.

Bupati menyebut, para jurnalis yang bertugas di Wonosobo tidak sekedar menyebarkan berita, namun juga turut memberikan edukasi kepada masyarakat, dengan terlibat secara aktif mengawal tahapan smart City.

Melalui media masing-masing, baik itu yang berplatform online, cetak, Radio dan Televisi maupun media sosial, program smart City ini memang selayaknya dipublikasikan secara luas,” tutur Bupati, Senin (5/8).

Senada dengan ajakan Bupati yang selaras dengan maksud dan tujuan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Eko Suryantoro yang sebelumnya menyebut pihaknya ingin merangkul media dalam upaya menyosialisasikan program smart city kepada warga masyarakat Wonosobo.

Menurut Eko, upaya pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk menuju Kota Cerdas juga diiringi beragam jenis inovasi yang nantinya akan memudahkan warga masyarakat dalam menjalani aktivitas sehari-hari mereka.

Belum lama ini, bersamaan dengan perayaan Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke-194 Bupati juga meresmikan layanan keliling PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan), yang nantinya akan mendekatkan berbagai jenis layanan kependudukan hingga konseling remaja serta pembayaran pajak bumi dan bangunan,” terang Eko.

Harapan kedepannya, Eko menyebut pihaknya berharap sinergi antara pemkab dengan media terjalin semakin erat, sehingga kebutuhan masyarakat terhadap informasi terkait kinerja pemerintah daerah juga dapat terpenuhi secara optimal. Khusus program Kota Cerdas, ia mengakui masih ada tiga tahap bimbingan teknis penyusunan masterplan dengan melibatkan seluruh OPD dan banyak elemen masyarakat.

BACA JUGA:  Pemkab Wonosobo Gandeng Danone Indonesia Untuk Berkolaborasi Cegah Stunting

Penyusunan masterplan ini akan terus didampingi secara langsung oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan lembaga konsultan resmi serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” pungkas Eko. (W/WZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.