Bulan Ramadhan, PMI Banjarnegara Layani Donor Darah di Malam Hari

BANJARNEGARA – selama bulan suci Ramadhan 2019, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, tetap membuka layanan donor darah pada malam hari.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara, dr Agus Budi Susanto mengatakan, layanan donor darah tetap dilakukan agar dapat terus mencukupi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan.

“Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencukupi stok darah, di antaranya dengan melakukan kegiatan layanan donor darah pada malam hari,” katanya, Selasa (14/5/2019).

Dia menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan di berbagai wilayah dengan mengoptimalkan mobil unit donor darah yang ada. Mobil unit donor darah beroperasi pada malam hari selama bulan suci Ramadhan dengan menyasar berbagai kelompok donor sesuai jadwal yang diberlakukan.

Selain layanan malam hari dengan menggunakan mobil unit, kata dia, pihaknya juga tetap melayani layanan donor darah dengan jadwal reguler.

“Unit donor darah PMI buka 24 jam setiap hari dan tetap melayani seluruh masyarakat yang ingin donor, termasuk kelompok nonmuslim yang banyak memberikan peran pada siang hari selama bulan suci Ramadhan,” katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terus membantu dengan sukarela mendonorkan darahnya selama bulan puasa.

“Kami berterima kasih atas antusiasme masyarakat Banjarnegara dalam mendonorkan darahnya,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun dari PMI Banjarnegara diketahui bahwa stok darah pada selasa 14 Mei 2019 terdiri atas 94 kantung darah golongan A, dan 87 kantung darah golongan B. selain itu, 60 kantung darah golongan O dan 32 kantung darah golongan AB.

PMI Banjarnegara berharap ketersediaan darah di wilayah tersebut akan dapat mencukupi selama bulan Ramadhan hingga hari Lebaran 2019.
 
Artikel dikutip dari antaranews.com Penulis Wuryanti, link
https://m.antaranews.com/berita/869155/pmi-banjarnegara-buka-layanan-donor-darah-malam-hari-selama-ramadhan

BACA JUGA:  Kebijakan Baru Gula Rafinasi Ancam Industri Carica
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.