BKD Imbau Pendaftar CPNS Manfaatkan Waktu Di Luar Jam Sibuk Siasati Kendala Akses

WONOSOBOZONE – Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kabupaten Wonosobo, yang telah dibuka sejak Tanggal 26 September silam ternyata masih terhitung sepi peminat. Sejumlah kendala disinyalir menjadi penyebab masih sedikitnya pendaftar tersebut. Dalam rapat koordinasi di Ruang Kertonegoro Setda, Selasa (2/10), Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonosobo, Lutfi Amin memaparkan sejumlah kendala yang membuat jumlah pendaftar hingga H+7 masih berada di kisaran 50 an orang itu. “Dari 314 formasi yang tersedia di Kabupaten Wonosobo, hingga H7 pendaftaran, jumlah berkas yang masuk melalui sscn.bkn.go.id baru mencapai 53 orang,” tutur Lutfi.

Dari penelusuran tim di lapangan, Lutfi menyebut para pendaftar banyak yang mengeluhkan kesulitan akses ke server pusat di BKN, terutama di jam-jam sibuk. Selain itu, tim juga menemukan adanya tenaga honorer Kategori Dua (K2) yang sebenarnya memenuhi syarat secara usia, ijazah, tanda bukti kartu tes maupun KTP, tidak dapat mendaftar pada formasi mereka karena tidak terdaftar di database BKN. “Ada pula kendala ketidak sesuaian NIK dengan KK sehingga pendaftar tidak dapat melanjutkan proses pendaftaran secara online,” tambah nya.

Menyikapi hal itu, Lutfi mengaku berupaya menggandeng sejumlah pihak, termasuk Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mengatasi kendala perihal akses pendaftaran online. Wacana untuk menambah fasilitas area hotspot pun sempat mengemuka, agar para pendaftar tidak lagi terkendala akses jaringan. “Kami juga mengimbau agar warga masyarakat yang hendak mengakses situs pendaftaran online berupaya memanfaatkan jam-jam yang tidak sibuk, seperti malam hari atau bahkan selepas subuh,” kata Lutfi. Mengingat waktu pendaftaran yang hanya dibuka hingga Tanggal 10 Oktober, alias tinggal menyisakan sekitar satu minggu efektif, Lutfi juga meminta agar para pendaftar tidak lekas putus asa apabila mengalami gangguan dalam proses pengirimana berkas-berkas secara online. Bagi yang memiliki kendala akses karena keterbatasan sinyal di sejumlah wilayah blankspot misalnya, pihaknya mengimbau agar mereka mencoba akses dari Kota Wonosobo.

BACA JUGA:  Bensin di SPBU Kosong, Ganjar Omeli Pejabat Pertamina

Kepada para pendaftar, Lutfi juga mengingatkan perihal tahapan seleksi penerimaan CASN 2018 dimulai pada 19 September dan akan berakhir pada Tanggal 3 Desember. “Setelah seleksi administrasi pada 28 September sampai 17 Oktober, kemudian akan berlanjut dengan pengumuman hasil seleksi pada 18 Oktober,” terangnya. Selanjutnya, para pendaftar yang lolos seleksi administrasi menurut Lutfi akan menghadapi proses seleksi kompetensi dasar (SKC) CAT pada 23 Oktober hingga 14 November, kemudian berlanjut dengan pengumuman hasil seleksi pada 16 November. “Peserta yang lolos hasil SKD, dijadwalkan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CAT pada 22 hingga 28 November dan hasilnya diumumkan pada tanggal 3 Desember,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.