• Selasa, 6 Desember 2022

Ekonomi Digital di Indonesia Jadi Yang Tertinggi di Asia Tenggara, Ini Pesan Jokowi

- Senin, 26 September 2022 | 15:41 WIB
Presiden Jokowi saat membuka BUMN Startup Day Tahun 2022, di ICE BSD City, Tangerang, Banten. (Dok Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat membuka BUMN Startup Day Tahun 2022, di ICE BSD City, Tangerang, Banten. (Dok Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

WonosoboZone - Pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara.

Potensi ekonomi digital di Indonesia melompat delapan kali lipat dari sekitar Rp632 triliun di tahun 2020 menjadi Rp4.531 triliun nanti di 2030.

Sementara itu, startup Indonesia termasuk tertinggi keenam di dunia, setelah Amerika Serikat, India, Inggris, Kanada, dan Australia.

Baca Juga: Jokowi Dorong Startup Tangkap Peluang Ditengah Krisis Global

“Artinya, peluangnya besar sekali. Ini adalah kesempatan Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian terutama yang muda-muda karena juga pengguna internet di Indonesia itu sudah mencapai 77 persen, dan penggunaannya 8 jam 36 menit setiap harinya,” ujar Presiden RI Jokowi saat membuka BUMN Startup Day, di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin 26 September 2022.

Jokowi menekankan akan para pendiri startup memperhatikan kebutuhan pasar. Presiden mengungkapkan, mayoritas perusahaan rintisan tidak berhasil karena tidak sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Sebanyak 80 persen sampai 90 persen startup gagal saat merintis, karena sekali lagi tidak melihat kebutuhan pasar yang ada. Berangkatnya mestinya dari kebutuhan pasar yang ada itu apa. Yang kedua juga karena kehabisan dana, ini nanti fungsinya venture capital, fungsinya BUMN [Badan Usaha Milik Negara] agar ekosistem besar yang ingin kita bangun ini bisa saling sambung sehingga semuanya terdampingi dengan baik dan bisa tidak gagal untuk masuk ke pasar-pasar, ke peluang-peluang yang ada di negara kita,” tandasnya.

Baca Juga: Rezeki Seret dan Hidup Melarat Hilang Sendiri, Pelihara 3 Hewan ini!

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan penyelenggaraan acara BUMN Startup Day ini merupakan ajang mengenalkan dan mendekatkan pimpinan BUMN kepada para pendiri startup.

“Kita minta BUMN tidak langsung berinvestasi tetapi harus ada pendampingan dengan para venture capitals yang ada di BUMN, karena kita tidak mau para direksi BUMN yang tidak punya pengalaman di industri digital ini langsung berinvestasi tanpa ada pendampingan, karena kita coba jaga supaya ini benar-benar ada keberlanjutan,” jelas Erick seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Halaman:

Editor: Ilham Ardha Saputra

Sumber: Sekretariat Kabinet

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PUPR Mulai Bangun Hunian Tetap Tahan Gempa di Cianjur

Minggu, 4 Desember 2022 | 21:11 WIB

Menteri PUPR Basuki Ajak Warga Jaga Sungai Ciliwung

Minggu, 4 Desember 2022 | 20:45 WIB
X