• Rabu, 28 September 2022

5 Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

- Senin, 15 Agustus 2022 | 19:18 WIB
Tempat wisata edukasi di Jakarta, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, saksi bisu pembuatan teks kemerdekaan Indonesia. /tangkapan layar Youtube Museum Perumusan Naskah Proklamasi/
Tempat wisata edukasi di Jakarta, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, saksi bisu pembuatan teks kemerdekaan Indonesia. /tangkapan layar Youtube Museum Perumusan Naskah Proklamasi/

Wonosobo Zone – Proklamasi menjadi ujung tombak dari segala perjuangan dan juga pengorbanan yang telah dicurahkan para pejuang Indonesia. Para tokoh proklamasi ikut andil berperan dalam merumuskan, menyusun, hingga melaksanakan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

1. Ir. Soekarno

Tokoh Proklamasi pertama, yakni Soekarno. Beliau lahir di Blitar pada 6 Juni 1901, merupakan anak seorang guru Sekolah Rakyat bernama Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Nyoman Rai. Dia lahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo yang diberikan oleh kedua orang tuanya.

Memiliki perjuangan politik dan keteguhan untuk melawan penjajah. Dia berhasil memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus.
Kemudian di angkat menjadi presiden RI pertama sejak kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Sebanyak 127 Tokoh Terima Anugerah Tanda Kehormatan Dari Presiden Jokowi

2. Drs. H. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta – wakil presiden pertama Indonesia, sekaligus tokoh proklamasi, dia juga memberikan ide kalimat teks proklamasi “hal-hal tentang pemindahan kekuasaan dan lain-lain dilaksanakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”. Hatta juga yang menjadi pendamping Ir. Soekarno dalam upacara proklamasi dengan menggunakan pakaian serba putih.

3. Fatmawati

Fatmawati yakni istri ketiga dari presiden Indonesia pertama Ir. Soekarno. Dia pula yang menjadi ibu negara pertama sejak 1945–1967. Sangat berjasa dalam kemerdekaan Indonesia sebagai penjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan pertama kali ketika upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

4. Mohamad Ibnu Sayuti

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: Kemerdekaan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Periksa Dua Saksi Usut Kasus Lukas Enembe

Selasa, 27 September 2022 | 07:30 WIB

Mendag Zulhas Beberkan Kunci Kendalikan Harga Pokok

Senin, 26 September 2022 | 06:56 WIB

BSU Tahap 2 cair! Pastikan Kamu Menerimanya

Minggu, 25 September 2022 | 19:19 WIB
X