• Rabu, 28 September 2022

Dapat Penghargaan Penghargaan Swasemba Beras dari IRRI, Mentan : Kado HUT ke-77 RI

- Senin, 15 Agustus 2022 | 13:44 WIB
Penghargaan IRRI untuk Indonesia (Dok Twitter Syahrul Yasin Limpo)
Penghargaan IRRI untuk Indonesia (Dok Twitter Syahrul Yasin Limpo)

WonosoboZone - Pemerintah Republik Indonesia (RI) memperoleh Penghargaan Sistem Pertanian-Pangan Tangguh dan Swasembada Beras Tahun 2019-2021 melalui Penggunaan Teknologi Inovasi Padi dari International Rice Research Institute (IRRI).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa penghargaan tersebut adalah kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI.

“Ini kado terbesar di Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia karena Internasional Rice Research Institute (IRRI) memberikan penghargaan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia,” ujar Mentan dalam keterangan pers, usai mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan tersebut, di Istana Negara, Jakarta, Minggu 14 Agustus 2022, seperti dikutip dari laman resmi sekretaris Kabinet.

Baca Juga: Hotman Paris Siap Bela Pegawai Alfamart Lawan Pencuri Coklat Pakai Mobil Mercy: Lawan!

Syahrul menambahkan, penghargaan ini merupakan wujud pengakuan dunia internasional terhadap sistem pertanian dan pangan Indonesia.

“(IRRI) telah memberikan pengakuan terhadap sistem pertanian dan pangan yang tangguh dan swasembada beras tahun 2019-2021 melalui penggunaan teknologi dan inovasi berbagai aspek di bidang pertanian. Indonesia bahkan telah berhasil membangun berbagai bendungan dan irigasi yang menjadi tolok ukur hadirnya pertanian yang kuat,” ujarnya.

Capaian ini, kata Mentan, diperoleh melalui kerja keras yang terintegrasi dari semua pihak.

Baca Juga: Mobil Keluaran Subaru di GIIAS 2022 Yang Harganya Wow Banget

“Tadi Bapak Presiden juga menyampaikan bahwa hadiah hari ini sebagai pengakuan dan penghargaan dunia, dari IRRI ini, adalah suatu hasil kerja yang terintegrasi dari semua pihak, bukan hanya pemerintah, lebih khusus petani, dengan menggunakan berbagai strategi yang tersistematis (dan) terstruktur, baik untuk sarana dan prasarana, budidaya, maupun teknologi-teknologi pertanian, termasuk di dalamnya varietas unggul, pemupukan yang berimbang, mekanisasi pertanian, pengendalian hama juga sudah dilakukan,” ujarnya.

Bahkan, imbuh Mentan, IRRI dan Badan Pangan Dunia atau FAO juga memberikan pengakuan terhadap pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang cukup masif untuk sektor pertanian.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Periksa Dua Saksi Usut Kasus Lukas Enembe

Selasa, 27 September 2022 | 07:30 WIB

Mendag Zulhas Beberkan Kunci Kendalikan Harga Pokok

Senin, 26 September 2022 | 06:56 WIB

BSU Tahap 2 cair! Pastikan Kamu Menerimanya

Minggu, 25 September 2022 | 19:19 WIB
X